Selasa 31 Agustus 2021, 20:01 WIB

Pelonggaran PPKM, Trafik Penumpang Garuda Tunjukkan Tren Positif

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pelonggaran PPKM, Trafik Penumpang Garuda Tunjukkan Tren Positif

Antara/Andika Wahyu
Pesawat Garuda Indonesia di Bandara International Soekarno-Hatta

 

JUMLAH penumpang Garuda Indonesia (GIAA) menunjukkan tren positif usai pelonggaran aktivitas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak akhir Juli lalu hingga saat ini. 

Perusahaan pelat merah itu mencatat, rata-rata jumlah trafik penumpang harian berhasil meningkat hingga lebih dari 50% dibandingkan pada saat periode penerapan PPKM level 4 pada awal bulan lalu.

Saat pembatasan ketat, rata-rata penumpang Garuda di angka 2000 ribu lebih. Pascapengetatan, jumlah penumpang maskapai itu naik dengan rata-rata dari 3.000 hingga 5.000 orang. 

"Dengan adanya peningkatan aktivitas masyarakat, Garuda Indonesia akan terus mengoptimalkan aksesibilitas layanan penerbangan melalui penambahan frekuensi dan rute," tutur Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra dalam rilisnya, Selasa (31/8).

Selama semester I 2021 ini, secara total mlah penumpang maskapai nasional tersebut merosot tajam di bawah satu juta penumpang atau tepatnya hanya 870 ribu. Dibandingkan 2020  ada penurunan 73,81% atau sebanyak 3.326.644 penumpang pada tahun lalu.

Baca juga : Selama Pelonggaran, Pengunjung Mal Tembus 500 Ribu Orang/hari

Lebih lanjut, Irfan mengatakan, Garuda Indonesia akan mengambil berbagai langkah strategis guna mengakselerasikan pemulihan kinerja usaha melalui optimalisasi lini bisnis lain. Misalnya seperti, angkutan kargo dan charter yang diproyeksikan akan terus tumbuh ke depan, termasuk memaksimalkan ancillary revenue melalui skema kerja sama dengan berbagai mitra potensial Garuda Indonesia.

“Meskipun tahun ini kami proyeksikan masih menjadi tahun yang menantang bagi upaya pemulihan kinerja usaha Perseroan, kami berharap trafik angkutan penumpang sebagai salah satu sumber pendapatan utama akan meningkat," ucap Dirut Garuda.

Irfan juga menerangkan, sebagai langkah berkesinambungan dari upaya pemulihan kinerja usaha, Garuda tengah merampungkan skema dan rencana restrukturisasi menyeluruh perseroan dalam kaitan penglolaan kewajiban usaha terhadap kreditur, tata kelola organisasi, hingga pengembangan model bisnis yang adaptif terhadap tantangan kinerja usaha kedepannya. 

"Adapun langkah tersebut tengah dimatangkan dengan turut didukung oleh sejumlah konsultan yang telah ditunjuk Perseroan. Kami melihat fase ini menjadi langkah krusial yang perlu ditempuh perseroan," tandasnya. (OL-7)

Baca Juga

Dok. Ciputra

Apresiasi Mitra, Ciputra Residence Berikan Penghargaan K3L

👤Indrastuti 🕔Kamis 09 Desember 2021, 11:08 WIB
Kriteria penilaiannya didasarkan pada HSE scoring, NCR CAR, incident report, dan...
Antara/Reno Esnir

PSSI Telah Lakukan Buyback Saham Sebesar 109 Juta lembar

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Desember 2021, 10:35 WIB
PSSI juga telah menyelesaikan pembelian Floating Crane (FC) dari PT Jembayan...
DOK KEMENPERIN

Diresmikan, PIDI 4.0 Jadi Showcase Kemajuan Teknologi Digital Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Desember 2021, 10:32 WIB
PIDI 4.0 merupakan solusi satu atap percepatan transformasi menuju Industri 4.0 dan salah satu pengungkit digitalisasi di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya