Jumat 30 Juli 2021, 21:23 WIB

Tiongkok Pengekspor Peralatan Medis Terbesar ke Indonesia

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Tiongkok Pengekspor Peralatan Medis Terbesar ke Indonesia

Antara/Fakhri Hermansyah.
Petugas kesehatan merapikan peralatan medis di ruang bersalin Taman Cinta, Puskesmas Duren Sawit, Jakarta Timur.

 

TIONGKOK menempati urutan teratas dalam daftar pengekspor peralatan medis terbesar ke Indonesia selama 3 Mei hingga 3 Juli. Demikian angka yang dirilis oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai baru-baru ini sebagaimana dilansir Xinhua.

Dari 10 besar pengekspor peralatan medis ke Indonesia, Tiongkok menyumbang porsi terbanyak senilai US$8,67 juta atau 26,65% dari seluruh impor peralatan medis Indonesia selama periode dua bulan. Tiongkok diikuti oleh Jepang dan Korea Selatan.

Dari impor peralatan medis Indonesia selama periode dua bulan tersebut, 41,99% merupakan alat tes PCR senilai US$13,67 juta, alat tes cepat menyumbang 18,7 dengan nilai US$6,1 juta, dan ventilator menyumbang 6,85%. Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun mengatakan kepada media sebelumnya pada bulan ini bahwa pihak kedutaan besar telah berkomunikasi dengan pemerintah pusat untuk bekerja sama dengan sejumlah perusahaan Tiongkok guna memasok lebih banyak peralatan medis ke Indonesia.

Gelombang kedua wabah covid-19 belum lama ini telah mengakibatkan peningkatan drastis permintaan tabung oksigen di Indonesia. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, awalnya kebutuhan tabung oksigen tercatat 60 ton per hari. 

Baru-baru ini, permintaan melonjak hingga 4.000 ton per hari. "Kami berupaya mendapatkan lebih banyak tabung oksigen dari luar negeri, terutama Singapura, Tiongkok, dan beberapa negara lain," kata Nadia dalam keterangan resmi, Jumat (30/7).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pekan lalu mengatakan bahwa Indonesia berencana mencari bantuan dari sejumlah negara asing jika kasus covid-19 harian melampaui angka 40.000. (OL-14)

Baca Juga

Ist

Sambil Menanam Padi, Menko Perekonomian Airlangga Serap Aspirasi Petani

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 08:19 WIB
Kepada Menko Perekonomian, petani bersyukur mendapatkan bantuan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari...
Dok. Pribadi

Pupuk Kaltim Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan Lokal

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 24 September 2021, 22:48 WIB
Program yang berjalan sejak 2016 tersebut menaungi para nelayan yang bergerak di budidaya Lobster dan Kerapu di Keramba Jaring Apung (KJA)...
DOK IST

Bahan Bangun Menentukan Kualitas

👤Gana Buana 🕔Jumat 24 September 2021, 22:22 WIB
Masyarakat semakin mencari bahan bangunan berkualitas karena bisa mengurangi beban di masa...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rivalitas Sengit Menjadi Panglima

PERSAINGAN antara KSAD Jenderal Andika Perkasa dan KSAL Laksamana Yudo Margono untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto makin sengit.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya