Kamis 15 Juli 2021, 23:55 WIB

Tertinggi, Udang Olahan dalam Kemasan Jadi Primadona Ekspor

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Tertinggi, Udang Olahan dalam Kemasan Jadi Primadona Ekspor

intrafish.com
Udang vaname

 

Udang kemasan menjadi produk ekspor makanan Indonesia yang tertinggi dengan nilai ekspor mencapai US$875 juta pada tahun 2020.

"Udang kemasan pangsa yang sangat besar ke Amerika Serikat 78,8%, Jepang 11%, kemudian diikuti negara-negara lain seperti Belanda, Hongkong, Kanada, Puerto Rico, Inggris, Jerman, Austrlia, Belgia, dan lainnya," kata Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam webinar Investor Daily, Selasa (13/7).

Ekspor terbesar selanjutnya yakni kopi instan yang paling banyak diekspor dengan nilai USD524 juta. Negara peminatnya yakni Filipina 72,9%, Malaysia 7,2%, Uni Emirat Arab 3,3%, Singapura, Tiongkok, Thailand, Irak, Libanon dan negara lainnya.

Kemudian ekspor selanjutnya yakni makanan olahan lainnya yang mencapai US$489,63 juta. Kemudian di nomor 4 ada wafles dan wafer yang mencapai US$408,33 juta dan keliam adalah ikan kemasan dengan nilai US$396.

"Lima produk teratas makanan olahan Indonesia merupakan produk kemasan dan 15 produk ekspor lainnya juga makanan kemasan yang tidak pernah mengalami penurunan sejak 2016," ucapnya.

Jerry mengatakan top 15 negara tujuan ekspor makanan Indonesia mencapai 81,04% dari total nilai ekspor pada tahun lalu.

"Kita bisa ambil kesimpulan bahwa dirajai oleh produk-produk kita. Saya tegaskan ini merupakan semangat kita untuk mendiservasikan produk di tengah pandemi sekaligus memberikan kesempatan produk lokal di pasar dunia," pungkasnya. (OL-12)

 

Baca Juga

Ist

Digitalisasi Dorong Kopi Indonesia Mendunia

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:49 WIB
Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu yang berpeluang meraih manfaat besar dari pesatnya perkembangan...
Dok. United

Perluas Akses Mendapatkan Sepeda Berkualitas, SBI akan Buka 2 Pusat Distribusi Tahun Ini 

👤Ghanni Nurcahyadi 🕔Kamis 27 Januari 2022, 22:52 WIB
Direktur Utama SBI Andrew Mulyadi mengungkapkan, pusat distribusi itu nantinya akan makin memudahkan konsumen untuk mengakses sepeda...
MI/Susanto

Strategi Penanganan Pandemi Berbuah Manis pada Perekonomian 

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 27 Januari 2022, 22:20 WIB
“Strategi penanganan covid-19 menghasilkan hasil yang baik, sehingga pemulihan ekonomi dapat berjalan sesuai dengan apa yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya