Selasa 29 Juni 2021, 18:44 WIB

Covid-19 Mengganas, 50% Pesanan Kamar Hotel Dibatalkan

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Covid-19 Mengganas, 50% Pesanan Kamar Hotel Dibatalkan

Antara/Makna Zaezar
Pekerja merapikan kamar hotel di Palangkaraya, Kalimantan Tengah

 

MELONJAKNYA kasus covid-19 di Tanah Air menyebabkan 50% pemesanan kamar hotel dibatalkan oleh pengunjung. Hal itu disampaikan oleh Ketua Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) Ngadiman. 

Meski tidak merinci secara detail berapa angka pembatalan booking kamar hotel, peningkatan kasus covid-19 yang tembus 2,1 juta dianggap membuat khawatir para pengunjung yang ingin pergi berlibur atau beraktivitas di luar daerah. 

"Adanya gelombang kedua varian baru (virus Delta) banyak yang sudah booking, tapi membatalkan. Hampir separuhnya atau 50% dari bookingan dibatalkan karena enggak berani datang ke daerah tersebut," ujar Ngadiman di webinar CORE Indonesia, Selasa (29/6).

Menurutnya, untuk mengupayakan masalah tersebut, pemerintah diminta mempercepat dan memasifkan program vaksinasi di daerah-daerah. 

Ngadiman menerangkan, rata-rata hunian hotel secara nasional berada di kisaran 20% hingga 30% pada tahun ini. Destinasi wisata seperti di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, yang memiliki tingkat keterisiannya hunian hotel atau vila yang lebih tinggi, yakni di kisaran 40% hingga 45%.

Baca juga : Ada Rencana PPKM Darurat, Rupiah Melemah

"Saat ini kuncinya ialah percepat vaksin. Dengan ini kita akan pulih dengan efisiensi. Hotel bisa jadi sentra vaksin. Kami bersedia kerja sama," tutur Ngadiman.

Keterpurukan soal pariwisata yang diutarakan Ngadiman juga soal jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang anjlok sejak adanya pembatasan aktivitas dan pelarangan penutupan pintu bagi warga negara asing. Menurutnya, pada 2020 jumlah wisman hanya berada di angka 4 juta atau turun 74,8% dibandingkan 2019.

"Potensi sebenarnya ada di wisatawan nusantara yang harus kita dorong. Menggerakan rasa bangga terhadap bangsa Indonesia, membantu negara dengan jalan-jalan wisata lokal, maupun belanja lokal," tandas Ngadiman. (OL-7)

Baca Juga

Ist/PT KAI

Cara KAI Bertahan dan Berkontribusi di Masa Pandemi 

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 18:54 WIB
PT KAI tidak melakukan sama sekali pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada semua pegawai dan membayarkan gaji sesuai dengan hak kepada...
Foto: Diskominfo Garut

Kabupaten Garut Mampu Suplai Produksi Jagung 500 Ribu Ton Setahun

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 17:01 WIB
Endang Junaidi dari Dinas Pertanian Kabupaten Garut menjelaskan bahwa wilayahnya setiap tahun dapat menyuplai produksi jagung ke Jawa barat...
ANTARA FOTO/Agvi Firdaus

Pulau Jawa Panen Raya Jagung, Pakan Ternak Melimpah Ruah

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 16:51 WIB
Panen raya ini merupakan rangkaian produksi petani yang telah melakukan cocok tanam selama kurang lebih 4 bulan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya