Kamis 24 Juni 2021, 12:25 WIB

Teknologi dan Inovasi Sektor Keuangan Wujudkan Green Economy

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Teknologi dan Inovasi Sektor Keuangan Wujudkan Green Economy

ANTARA/FIKRI YUSUF
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (tengah), meninjau mobil listrik.

 

PEMERINTAH terus berupaya mempercepat kemajuan pembangunan dan mendukung peningkatan energi terbarukan. Dalam mencapai target tersebut diperlukan transfer teknologi dan investasi untuk mendorong transisi dari penggunaan bahan bakar fosil ke penggunaan energi terbarukan.

Sejalan dengan komitmen Nationally Determined Contributions Indonesia, pemerintah juga mengutamakan pembangunan rendah karbon dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah.

Baca juga: Dorong Inovasi Rendah Karbon untuk Ekonomi Sirkular di Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia mengapresiasi inisiatif Natural Capital Carbon Communities Superpower dalam Tri Hita Karana Climate Forum. Indonesia, sebutnya, telah mereformasi iklim investasi secara signifikan dengan mengesahkan Undang-Undang Cipta Kerja.

Selain memberikan lebih banyak kemudahan bagi investor dan mitra pembangunan, Undang-Undang ini juga mengatur pembangunan yang tetap memperhatikan lingkungan.

"Perubahan teknologi dalam kewirausahaan dan inovasi dalam sektor keuangan dilihat sebagai kunci untuk mengubah jalur pembangunan menjadi green economy," kata Airlangga dikutip dari siaran persnya, Kamis (24/6).

Bertepatan dengan Presidensi G20 Indonesia tahun 2022, Pemerintah berencana untuk meluncurkan pusat keunggulan dalam teknologi atau Centre of Future Knowledge.

Pusat teknologi ini merupakan platform untuk berinovasi dan transfer teknologi dengan kolaborasi global. Pemerintah mengajak sektor swasta untuk mendukung inovasi teknologi karena melalui kewirausahaan sektor swasta dapat melakukan perubahan besar yang diperlukan.

"The Centre of Future Knowledge yang hijau dan berpihak pada energi terbarukan ini akan mendukung penciptaan nilai untuk dunia bisnis yang lebih baik. Pusat teknologi ini akan fokus pada peran alih teknologi, riset dan pengembangan oleh investasi swasta dengan akademisi dan penelitian global terkemuka dalam mewujudkan masa depan yang berkelanjutan di Indonesia," tutur Airlangga.

Selaras dengan peluncuran Tri Hita Karana Roadmap tentang Blended Finance yang telah dikembangkan oleh komunitas global dengan panduan dari Organization for Economic Co-operation and Development, pemerintah akan mendirikan Global Blended Finance Institute secara multilateral di Bali.

Global Blended Finance Institute akan berperan dalam menarik pendanaan untuk mengembangkan proyek dekarbonisasi berkualitas tinggi serta untuk mengurangi risiko penyandang dana dan investor swasta dengan pengembangan kapasitas pada persiapan proyek dan prinsip-prinsip keuangan campuran pada praktik yang baik.

"Forum ini memiliki diskusi yang sangat bernilai dan saya menyambut baik paparan yang disampaikan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Amerika Serikat, Tri Hita Karana dan seluruh pihak yang mendukung terselenggaranya forum ini," pungkas Airlangga. (Mir/A-1)

Baca Juga

Antara//Hei Susetyo

AP I : Pelonggaran PCR dan Masker Sinyal Positif Dunia Penerbangan

👤Insi Nanika Jelita 🕔Rabu 18 Mei 2022, 21:48 WIB
Kendati demikian, AP I mengimbau kepada masyarakat pengguna jasa bandara untuk selalu menggunakan masker di dalam terminal bandara serta di...
Dok Danone

CEO Danone Indonesia Raih The Most Extraordinary Women Business Leaders Award 2022

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Rabu 18 Mei 2022, 21:34 WIB
Ia masuk dalam 20 besar pemimpin bisnis wanita Indonesia yang dinilai berhasil menghadapi tantangan dan dampak...
DOK/KAIROS GROUP

PT Kairos Momentum Kapital Lakukan Aksi Korporasi Untuk Melebarkan Sayap Bisnis

👤Media Indonesia 🕔Rabu 18 Mei 2022, 20:55 WIB
Strategi bisnis Kairos Group pada 2022 ialah dengan menggarap dan mengeksplorasi lini bisnis lain yang masih berhubungan dengan sektor...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya