Senin 21 Juni 2021, 08:15 WIB

Peringkat “idAAA” untuk Obligasi Indosat dan Mandiri

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Peringkat “idAAA” untuk Obligasi  Indosat dan Mandiri

Antara/Reno Esnir
Monitor indeks di Bursa Efek Indonesia

 

LEMBAGA pemeringkat Pefindo menegaskan peringkat “idAAA” dan “idAAA(sy)” untuk obligasi dan sukuk Indosat yang akan jatuh tempo.

Pefindo telah menegaskan peringkat “idAAA” terhadap Obligasi Berkelanjutan I Tahap IV Tahun 2016 Seri C PT Indosat Tbk (ISAT) senilai Rp734 miliar dan peringkat “idAAA(sy)” terhadap Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Tahap IV Tahun 2016 Seri C ISAT senilai Rp10 miliar. Keduanya jatuh tempo pada tanggal 2 September 2021.

ISAT akan melunasi obligasi tersebut menggunakan fasilitas kredit yang belum digunakan senilai Rp4,5 triliun pada akhir Maret 2021. Posisi kas Perusahaan per periode yang sama adalah senilai Rp1.881,9 miliar.

"Efek utang dengan peringkat idAAA merupakan peringkat tertinggi yang diberikan oleh PEFINDO. Kemampuan obligor untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang atas efek utang tersebut dibandingkan obligor Indonesia lainnya adalah superior. Akhiran (sy) memiliki makna peringkat mempersyaratkan pemenuhan prinsip Syariah," kata analis Pefindo Martin Pandiangan, melalui keterangan yang diterima, Minggu (20/6).

ISAT merupakan salah satu dari tiga besar penyedia layanan telekomunikasi dan informasi yang terkemuka di Indonesia, mencakup layanan bisnis seluler, multimedia, internet, dan komunikasi data (MIDI); dan jaringan telepon tetap. Pada tanggal 31 Maret 2021, 65% saham ISAT dimiliki oleh Ooredoo Asia, Pte Ltd, diikuti oleh Pemerintah Indonesia (14,3%), dan publik (20,7%).

Selain itu Pefindo juga menegaskan peringkat “idAAA” untuk Obligasi Berkelanjutan I Tahap I Tahun 2016 Seri A PT Bank Mandiri Tbk (Bank
Mandiri) sebesar Rp1,1 triliun yang akan jatuh tempo pada tanggal 30 September 2021.

"Kesiapan Bank Mandiri untuk melunasi obligasi yang akan jatuh tempo tersebut didukung oleh aset likuid dalam bentuk penempatan pada Bank Indonesia sebesar Rp14 triliun per 7 Juni 2021," kata analis Pefindo Kreshna Armand.

Bank Mandiri merupakan bank komersial milik pemerintah yang menawarkan produk dan jasa perbankan yang lengkap termasuk korporasi, komersial, UKM dan mikro, konsumer, internasional, dan treasury.

Bank Mandiri juga menyediakan layanan jasa keuangan melalui anak-anak perusahaannya termasuk PT AXA Mandiri Financial Services, PT Asuransi Jiwa InHealth Indonesia (peringkat idAA/stable), PT Mandiri Sekuritas, PT Bank Syariah Indonesia (peringkat idAAA/stable), PT Mandiri Tunas Finance (peringkat idAA+/stable), and PT Bank Mandiri Taspen.

Per 31 Maret 2021, 60% saham Bank Mandiri dimiliki oleh Pemerintah Indonesia, sedangkan 40% sisanya dimiliki oleh publik. Kegiatan operasional Bank Mandiri didukung oleh 2.489 kantor domestik dan internasional, 1.699 outlet mikro, 13.112 ATM, dan 38.015 karyawan. (Try/E-1)

Baca Juga

Dok. BTN

Kolaborasi BTN-KAS Gelar Drive-Thru Akad Kredit Massal Proyek Perumahan

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:08 WIB
Gelaran ini merupakan inovasi BTN dan PT KAS untuk mempermudah konsumen dalam memiliki hunian di tengah pandemi Covid-19  yang...
Antara/Weli Ayu Rejeki

Tingkatkan Kualitas Jalan Sebelum Penerapan Zero ODOL      

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 30 Juli 2021, 22:53 WIB
Ia mengatakan penundaan harus dilakukan mengingat kondisi dunia usaha saat ini sedang terpuruk akibat pandemi...
Dok. Podomoro Park Bandung

Hunian Sehat Jadi Incaran, Podomoro Park Bandung Kembangkan Konsep Rumah Tumbuh

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 30 Juli 2021, 22:51 WIB
Salah satu pengembang properti yang fokus pada konsep rumah tumbuh adalah Podomoro Park Bandung yang fokus membangun proyek hunian sehat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya