Rabu 09 Juni 2021, 22:59 WIB

KKP Dorong Pemda Maksimalkan Potensi Tambak Masyarakat

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
KKP Dorong Pemda Maksimalkan Potensi Tambak Masyarakat

MI/Dwi Apriani
Tambak ikan kerapu milik masyarakat

 

KEMENTERIAN Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong pemerintah daerah atau pemda menggali potensi serta meningkatkan produktivitas tambak wilayah.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Tb. Haeru Rahayu menyebut, pemerintah menargetkan bantuan benih sebagai salah satu stimulus ekonomi masyarakat agar produktif dan bertumbuh penghasilannya. 

“Roda perekonomian masyarakat yang bergerak maju turut meningkatkan kebutuhan sumber pangan. Produksi perikanan budidaya sebagai elemen pendukung ketahanan pangan harus terus meningkat," kata Tebe, sapaan akrab Tb Haeru, dalam siaran pers KKP, Rabu (9/6).

Dia mengakui bahwa kolaborasi dengan berbagai pihak harus terus ditingkatkan, terutama untuk daerah yang memiliki potensi tinggi untuk dikembangkan.

“Sangat penting untuk (pemda) menjaga keberlanjutan usaha perikanan budidaya dengan tetap mengedepankan kelestarian lingkungan," ucap Tebe.

Baca juga : Kementerian KKP Gandeng KPK Lakukan Penguatan Antikorupsi

Salah satu bentuk dukungan yang diberikan oleh KKP misalnya, dengan menyalurkan bantuan benih udang windu sebanyak 1,8 juta ekor dan 15 benih ikan kakap putih kepada enam kelomk pembudidaya ikan di Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan

Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Takalar, Supito mengklaim bahwa Kabupaten Maros memiliki potensi yang besar untuk dapat menopang perekonomian masyarakat melalui subsektor perikanan budidaya. 

Namun, disampaikan bahwa potensi yang ada saat ini masih jauh dari potensi maksimal yang dapat dihasilkan, apalagi komoditas yang dikembangkan di Maros saat ini seperti udang, rumput laut, dan lobster.

"Salah satu permasalahan yang dapat kami identifikasi ialah adanya endapan lumpur tanah dasar tambak akibat pemupukan yang berlebih di masa lalu," tandasnya. (OL-7)

Baca Juga

Antara

Presiden Ingin Koperasi Produksi Minyak Makan Merah

👤Ficky Ramadhan 🕔Kamis 07 Juli 2022, 23:39 WIB
Minyak Makan Merah merupakan inovasi dari produk turunan kelapa sawit selain CPO, yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan makanan...
Antara/Hendra Nurdiyansyah

Awal yang Baik, KSP Apresiasi Tingginya Minat Masyarakat Mendaftar ke Aplikasi MyPertamina

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 23:18 WIB
Jumlah downloader aplikasi MyPertamina pada periode yang sama mencapai 4...
Antara

Kadin: Digitalisasi Bantu Kebangkitan Ekonomi Nasional

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 07 Juli 2022, 22:34 WIB
Seperti, sektor UMKM yang ikut terguncang pandemi covid-19. Namun, banyak pelaku UMKM memanfaatkan teknologi digital untuk upaya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya