Kamis 03 Juni 2021, 18:37 WIB

Sultan HB X: Dukung Kostratani Tingkatkan Pertanian Yogyakarta

mediaindonesia.com | Ekonomi
Sultan HB X: Dukung Kostratani Tingkatkan Pertanian Yogyakarta

Ist/Kementan
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X menerima Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi (kedua dari kanan).

 

PROGRAM Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) yang dijalankan Kementerian Pertanian (Kementan) mendapat dukungan di Yogyakarta.

Dukungan disampaikan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X, saat bertemu Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanain (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi, Kamis (3/6/2021).  

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan Kostratani adalah upaya Kementan untuk membangun pertanian dari kecamatan.

"Pembangunan pertanian Indonesia akan kita lakukan langsung dari lapangan, dari kecamatan. Pembangunan itu akan dikawal Kostratani," tuturnya.

Sementara Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan pihaknya akan mentransformasikan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) seluruh Tanah Air menjadi BPP Kostratani.

"Termasuk di Yogyakarta ini. Kita akan pastikan Kostratani dijalankan dengan maksimal untuk mendukung pertanian di Yogyakarta, termasuk mendukung program-program utama Kementan," tuturnya.

Dedi Nursyamsi menjelaskan, BPPSDMP akan memastikan peran Kostratani bisa dijalankan dengan maksimal.

"Dalam memajukan pertanian, Kostratani menjalankan sejumlah peran. Seperti sebagai pusat data dan informasi, sebagai tempat belajar, menjadi tempat konsultasi petani, dan lainnya," terangnya.   

Sedangkan kepada Dedi Nursyamsi, Sri Sultan Hamengkubuwono X menyatakan dukungannya untuk Kostratani.

"Kostratani ini mempunyai banyak manfaat untuk pertanian. Oleh karena itu, kita memberikan dukungan. Karena kita berharap Kostratani bisa membantu meningkatkan produktivitas pertanian di Yogyakarta," katanya.

Sultan juga berharap Kostratani bisa membantu menumbuhkan petani milenial.

"Pertanian membutuhkan generasi milenial sebagai masa depan. Oleh karena itu, kita berharap Kostratani bisa membantu menumbuhkan banyak petani milenial," katanya.

Dengan alasan tersebut, Sri Sultan HB X juga menyatakan siap mendukung pelaksanaan The 2nd Millenial Indonesian Agropreneur (MIA) Expo 2021 di Ambarukmo Plaza, Yogyakarta, pada 12-13 Juni 2021. (RO/OL-09)

Baca Juga

ANTARA/Raisan Al Farisi

Terkoneksi LRT dan KA Feeder, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Cuma Sejam

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 05 Desember 2022, 10:46 WIB
Dengan menggunakan LRT Jabodebek, penumpang cukup menempuh waktu selama 20 menit dari Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas menuju Stasiun LRT...
dok.Ant

Harga Minyak Naik setelah OPEC+ Tahan Target Produksi Minyak

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 05 Desember 2022, 09:35 WIB
HARGA minyak naik tipis di awal perdagangan setelah negara-negara OPEC+ menegaskan kembali target produksi minyak mereka menjelang larangan...
Ist

Kuasai Pasar Indonesia, GT Man Raih Dua Penghargaan Sekaligus

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 09:08 WIB
GT Man, merek pakaian dalam pria asli Indonesia, meraih dua penghargaan bergengsi Superbrands Indonesia's Award...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya