Senin 31 Mei 2021, 13:07 WIB

DPR Minta Generasi Z Harus Ambil Peran Ekonomi Digital

Sri Utami | Ekonomi
DPR Minta Generasi Z Harus Ambil Peran Ekonomi Digital

Ist/DPR
Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad.

 

EKONOMI digital di Indonesia tercatat terus tumbuh dan bergeliat memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian nasional. Berdasarkan data e-Conomy SEA 2020 yang dirilis oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, disebutkan ekonomi digital di Indonesia pada 2020 tumbuh sebesar US$44 miliar atau sekitar Rp619 triliun.

Google juga memprediksi ekonomi digital Indonesia akan memberikan kontribusi pada perekonomian sebesar US$124 miliar pada 2025, seperti tertulis dalam laporan East Ventures Digital Competitiveness Index (EV-DIC) 2021.

Menanggapi hal tersebut Wakil Ketua DPR  Sufmi Dasco Ahmad mengharapkan generasi muda, khususnya gen Z dan milenial dapat berkolaborasi untuk mengambil peran dan peluang dalam pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

"Anak muda dan teknologi digital harus diarahkan pada hal yang positif, maka dari itu saya berharap potensi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia ini adalah momentum bagi generasi muda kita, khususnya gen Z dan milenial dapat berkolaborasi untuk mengambil peran dan peluang tersebut," kata Dasco di Jakarta, Senin (31/5)

Berdasarkan hasil Sensus 2020, jumlah generasi Z mencapai 75,49 juta jiwa atau setara dengan 27,94 persen. Sementara itu, jumlah penduduk paling dominan kedua berasal dari generasi milenial sebanyak 69,38 juta jiwa penduduk atau sebesar 25,87%. Jumlah generasi muda di Indonesia mendominasi dari total seluruh populasi penduduk di Indonesia.

"Generasi muda adalah aset bangsa, dalam menggerakkan perekonomian digital ini, terutama pasca berakhirnya pandemi COVID-19 dan juga mewujudkan visi Indonesia Emas tahun 2045," ucapnya. 

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) ini juga mengingatkan peran penting dari pemerintah agar Indonesia tidak hanya menjadi pasar tetapi harus menjadi pemain dalam kancah ekonomi digital ini, baik dalam skala nasional maupun global.

"Pemerintah dan juga seluruh stakeholder harus mempersiapkan perangkat-perangkat yang dibutuhkan, baik itu regulasi, kebijakan, sarana dan prasarana dalam mewujudkan ekosistem ekonomi digital di Indonesia dan adaptif bagi (kebutuhan) anak muda kita," tandasnya. (Sru/OL-09)

Baca Juga

DOK/SUPERTEAM COUNSULTANT

Satu Tahun Superteam Consultant, Komitmen Perkuat UMKM Go Digital

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 27 September 2022, 11:30 WIB
Secara umum UMKM dalam perekonomian nasional memiliki peran sebagai pemeran utama dalam kegiatan ekonomi dan penyedia lapangan kerja...
ANTARA FOTO/Gusti Tanat

KKP : Ikan Hias Indonesia Semakin Laku di Dunia

👤┬áInsi Nantika Jelita 🕔Selasa 27 September 2022, 09:38 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengungkapkan, bisnis ikan hias sangat potensial dan prospektif lantaran permintaan pasar...
MI/Susanto

Gobel: Indonesia Harusnya Bisa Swasembada Aspal Cuma Disia-sia

👤Muhammad Fauzi 🕔Selasa 27 September 2022, 09:35 WIB
WAKIL Ketua DPR RI Bidang Korinbang, Rachmat Gobel, menyatakan Indonesia harus memiliki target khusus untuk berswasembada aspal. Karena SDA...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya