Selasa 25 Mei 2021, 20:30 WIB

Dana Hibah Pariwisata juga Sasar Pengelola Kebun Binatang

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Dana Hibah Pariwisata juga Sasar Pengelola Kebun Binatang

DOk. Kemenparekraf
Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi kebun binatang

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memastikan program dana hibah pariwisata juga menyasar pada pengelola kebun binatang. Pada 2021, dana hibah pariwisata diusulkan akan ditingkatkan jumlahnya menjadi Rp3,7 triliun

Hal itu disampaikan Menparekraf dalam audiensi dengan perhimpunan Kebun Binatang se-Indonesia (PKBSI), yang dilakukan secara daring, Selasa (26/5

“Kami sedang mendorong agar dana hibah diperluas bukan hanya untuk hotel dan restoran, tapi juga taman rekreasi seperti kebun binatang. Karena usaha kebun binatang ini ada dalam kawasan wisata, kita usahakan pengajuannya sebagai penerima hibah pariwisata," ungkapnya dalam keterangan resmi, Selasa (25/5).

Kemenparekraf pada 2020 telah menyalurkan dana hibah pariwisata sebesar Rp2,2 triliun kepada 6.730 hotel dan 7.630 restoran dan dana hibah tersebut terserap hingga 70% dan diusulkan naik pada tahun ini untuk disalurkan kepada usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lainnya, seperti taman rekreasi dan biro perjalanan. 

Selain dana hibah pariwisata, Menparekraf mengatakan akan mengupayakan program vaksinasi bagi para pekerja di lembaga konservasi kebun binatang, serta membantu publikasi terkait penggalangan dana untuk memenuhi kebutuhan satwa di dalamnya. 

Baca juga : FoodStartup Indonesia Diharapkan Bangkitkan Sektor Kuliner

"Ini bentuk keberpihakan kami untuk ekonomi yang berkeadilan dan memberikan program kepada yang betul-betul membutuhkan,” jelas Sandiaga.

Di samping itu, Kemenparekraf juga tengah merancang suatu program apresiasi bagi tenaga kesehatan untuk berwisata ke kebun binatang, seperti ke Fauna Land Jakarta dan Taman Safari Indonesia di Bogor. Hal tersebut secara tidak langsung menunjukkan bahwa, Kemenparekraf sudah mendukung upaya pemulihan sektor pariwisata di taman rekreasi kebun binatang. 

Ketua Umum Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI) Rahmat Shah mengungkapkan, sebelum pandemi kunjungan wisatawan ke kebun binatang mencapai 50 juta orang dalam setahun. Namun, selama pandemi, kunjungan wisatawan mengalami penurunan sebesar 20% hingga 30%. 

"Semoga dengan pola yang Menparekraf sampaikan tadi, dengan program pemerintah yang baik ini dana hibah serta program lainnya dapat membantu Lembaga Konservasi, khususnya untuk para pekerja dan para satwa,” tandasnya. (OL-7)

Baca Juga

Dok MI

Pengamat Maritim: Perpres MLIN Perlu Segera Diterbitkan

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Jumat 27 Mei 2022, 14:15 WIB
Ia berpendapat Perpres MLIN perlu segera dikeluarkan untuk melindungi sumber daya...
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Komisi VII DPR Pertanyakan Terminasi Subsidi Minyak Goreng Curah

👤¬†Fetry Wuryasti 🕔Jumat 27 Mei 2022, 14:05 WIB
Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, meminta pemerintah jujur terkait alasan terminasi (penghentian) program subsidi migor...
Dok.KBI

KBI Raih Laba Rp101 Miliar pada 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 13:00 WIB
KBI telah melakukan upaya digitalisasi dalam kegiatan usaha sehingga tetap bisa menjalankan perannya sebagai lembaga kliring maupun sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya