Selasa 11 Mei 2021, 19:57 WIB

PUPR Bangun Rusun untuk TNI di Gorontalo

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
PUPR Bangun Rusun untuk TNI di Gorontalo

Antara
Pekerja menyelesaikan pembuatan rusun di Kelurahan Bungkutuko, Kendari, Sulawesi Tenggara.

 

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun rumah susun (rusun) untuk anggota TNI yang bertugas di KOREM 133 NW/KODAM XIII MERDEKA di Kabupaten Gorontalo. Ketersediaan hunian turut mendukung TNI-Polri dalam melaksanakan tugas di tengah publik.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut pembangunan rusun selain untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), mahasiswa, santri di pondok pesantren, juga diperuntukkan bagi TNI-Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Ini merupakan bukti nyata bahwa pemerintah hadir dalam penyediaan hunian yang layak. Kami harapkan dapat meningkatkan kualitas hidup penerima bantuan dengan memiliki rumah yang lebih layak, sehat dan nyaman," ujar Basuki dalam keterangan resmi, Selasa (11/5).

Baca juga: Kementerian PUPR Bangun Rusun Untuk Ponpes di NTB

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid berharap pembangunan rusun akan menambah semangat anggota TNI dalam menjalankan tugas menjaga kedaulatan NKRI.

"Satu tower rusun senilai Rp19,5 miliar akan dibangun dengan berbagai fasilitas pendukung yang baik, agar anggota TNI bisa nyaman tinggal di hunian vertikal tersebut. Pembangunannya ditandai dengan proses ground breaking Rusun TNI AD yang akan dibangun di Kabupaten Gorontalo pada awal Mei lalu," imbuh Khalawi.

Baca juga: Dampak Pandemi, MBR Semakin Sulit Dapatkan Rumah

Rusun TNI yang dibangun satu tower setinggi tiga lantai itu terdiri dari 44 unit hunian tipe 36 dengan berbagia fasilitas. Mulai dari satu kamar tidur utama, satu kamar tidur anak, ruang tamu, dapur, kamar mandi dan ruang cuci, hingga dilengkapi dengan meubeulair seperti meja kursi makan dan lemari pakaian.

Terdapat fasilitas lainnya, seperti green water tank berkapasitas 80 kubik, instalasi listrik yang mencapai 1.300 watt per unit hunian, hidran yang akan dipasang bagian dalam di tiap lantai maupun luar dan prasarana, berikut sarana dan utilitas. Itu sebagaimana yang berstatus gedung negara. Lalu, ada fasilitas pendingin udara (AC) yang akan menambah kenyamanan.

Komandan KOREM 133 NW/KODAM XIII MERDEKA Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito mengatakan pihaknya sangat bersyukur bisa mendapatkan program bantuan rusun. "Perencanaan pembangunan rusun ini ada sejak 2019 lalu. Akhirnya dapat terealisasi dengan baik di tahun ini," tutur Bagus.(OL-11)

 

 

 

 

 

Baca Juga

Ant/Dhemas Reviyanto

Dolar Turun Tipis Terpengaruh Info Data Produksi Pabrik AS

👤Muhamad Fauzi 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 06:21 WIB
KURS Dolar sedikit melemah pada akhir perdagangan Senin atau Selasa pagi WIB (19/10), setelah data menunjukkan produksi di pabrik-pabrik AS...
Ant/FB Anggoro

Harga Emas Kembali Turun 2,6 Dolar AS

👤Muhamad Fauzi 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 06:05 WIB
HARGA Emas kembali melemah pada akhir perdagangan Senin atau  Selasa pagi WIB (19/10), mencatat kerugian hari kedua...
min.news

Sosiolog UGM Sebut Pekerja Pinjol Adalah Korban

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 00:46 WIB
Hingga saat ini tidak banyak pelamar pekerjaan yang mempertanyakan legalitas perusahaan pemberi tawaran lowongan pekerjaan, termasuk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya