Kamis 06 Mei 2021, 09:42 WIB

Tak Ada Kata Menyerah, Kemenkeu Kejar Terus Utang Lapindo

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Tak Ada Kata Menyerah, Kemenkeu Kejar Terus Utang Lapindo

ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Pelajar melintas di depan spanduk penolakan pengeboran sumur gas baru Lapindo yang terpasang di Sumur Tanggulangin 1, Sidoarjo, 2019.

 

KEMENTERIAN Keuangan tidak ada lelahnya mengejar utang PT Lapindo Brantas Inc dan PT Minarak Lapindo Jaya yang sampai saat ini belum dibayarkan. Padahal jatuh tempo pembayaran utang ini pada 10 Juli 2019 lalu. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara mengupayakan penagihan yang terus dilakukan oleh Kemenkeu membuahkan hasil. Sebab, pada 2020 Lapindo akan segera melunasi utangnya.

Namun, pembayaran dilakukan tidak melalui uang tunai melainkan dengan aset mereka berupa tanah yang ada di lokasi lumpur Lapindo tersebut. Jika aset tersebut kurang maka akan ditambah dengan aset lainnya. Lapindo menawarkan untuk menggantinya atau membayarnya dengan aset. Jadi Lapindo sudah berkirim surat resmi, mereka meminta untuk tukar aset.

Kemenkeu sendiri menerima itikad baik dari Lapindo dengan menyerahkan asetnya meski belum diketahui nilainya. Penilaian akan mulai dilakukan saat pandemi Covid-19 ini berakhir.

baca juga: Kemenkeu

Aset-aset yang ditawarkan sebagai pengganti. Hingga kini Kemenkeu sendiri tidak bisa menebak-nebak nilai aset miliki Lapindo. Diharapkan pandemi covid segera berakhir, sehingga bisa segera melakukan penilaian itu. Meski demikian, pembayaran dengan aset ini bukan hal yang diharapkan oleh pemerintah. Apalagi menilai tanah yang di atasnya ada timbunan yang sudah mengering bukan hal yang lazim.

Pemerintah sendiri lebih menginginkan penggantian dengan tunai. Tetapi Lapindo punya itikad baik untuk bayar dalam bentuk lain. Ini juga tetap harus diresponS. (OL-3)

 

Baca Juga

Antaranews.com

Mendag Bangga Tempe Bisa Diekspor ke Jepang

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 18 Juni 2021, 20:58 WIB
Eksportir PT Arumia Kharisma Indonesia (PT Arumia) dengan pelaku UKM  Rumah Tempe Azaki melakukan ekspor perdana produk tempe sebesar...
Dok. Bank Syariah Indonesia

Kolaborasi BSI-Peruri Perkuat Keuangan Syariah di Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 18 Juni 2021, 20:49 WIB
Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan, kerja sama strategis itu akan membangun negeri dengan bentuk pemanfaatan produk dan jasa...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Indef: Jika Covid-19 Tidak Dikendalikan, Ekonomi akan Terus Negatif

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 18 Juni 2021, 20:45 WIB
Pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa terus berada di level negatif apabila pengendalian COVID-19 tidak dilakukan secara menyeluruh dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Haru Biru King Christian

Di timnas Denmark, sosok berjuluk ‘King Christian’ telah menjadi sosok kunci sejak penampilan pertamanya pada 2010, membuat 109 penampilan dan mencetak 36 gol.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya