Jumat 23 April 2021, 14:44 WIB

2,5 Juta Peserta Kartu Prakerja Sudah Terima Insentif

Despian Nurhidayat | Ekonomi
2,5 Juta Peserta Kartu Prakerja Sudah Terima Insentif

Antara
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja.

 

SEBANYAK 2,7 juta peserta Kartu Prakerja telah menerima manfaat, dengan rincian sekitar 2,5 juta peserta sudah mendapatkan intensif. Hal itu diungkapkan Direktur Utama PMO Prakerja Denni Puspa Purbasari.

“Jadi, ini benar-benar sebuah pemerataan kesempatan. Dari 2,7 juta penerima manfaat tersebut, sebanyak 2,5 juta orang sudah menerima intensif," jelas Denni dalam diskusi virtual, Jumat (23/4).

Pemerintah telah menetapkan anggaran program Kartu Prakerja pada 2021 sama dengan 2020 lalu, yakni Rp20 triliun. Peserta terpilih Kartu Prakerja secara total akan mendapat dana bantuan sebesar Rp3,55 juta.

Baca juga: Jokowi Ungkap Lima Pelatihan Kartu Prakerja yang Paling Diminati

Rinciannya, uang bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif pascapelatihan Rp600 ribu per bulan selama empat bulan, lalu insentif survei sebesar Rp50 ribu untuk tiga kali.

Menurut Denni, program Kartu Prakerja diharapkan menjadi jaring pengaman sosial selama pandemi covid-19. “Setelah menyelesaikan pelatihan, penerima manfaat akan mendapatkan insentif. Ini yang dipakai membayar kebutuhan sehari-hari, bahkan dapat dimanfaatkan untuk modal usaha," pungkasnya.

Amelia Harmelianti, salah satu penerima manfaat Kartu Prakerja gelombang 3, menyebut program yang digagas Presiden Joko Widodo sangat bermanfaat baginya di kala pandemi covid-19.

Baca juga: Program Kartu Prakerja Berpotensi Timbulkan 'Moral Hazard'

“Sebelumnya, saya bekerja di bagian personalia sebuah event organizer di Jakarta. Pandemi membuat kami dirumahkan. Saya mencoba mencari solusi dengan ikut Prakerja untuk mendapatkan skill baru,” tutur Amelia.

Pelatihan Prakerja dikatakannya memberikan ilmu baru yang bisa digunakan untuk bekerja di bidang baru. Amelia membuktikan bahwa dengan Rp1 juta, dirinya mendapatkan empat skill baru yang berbeda di masa seperti ini.

“Saya mengambil pelatihan bahasa Mandarin, IELTS, copy writing dan komunikasi untuk menunjang karier. Saya memang mencoba mencari skill yang sekiranya bisa memberikan saya kesempatan baru, apabila saya melamar di perusahaan baru,” sambungnya.(OL-11)
 

 

 

 

 

Baca Juga

AFP/Ben Stansall.

Bank Sentral Inggris Berencana Naikkan Suku Bunga

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 24 September 2021, 19:07 WIB
Bank sentral Inggris melihat bahwa pemulihan kian pasti dan solid, sehingga memungkinkan tingkat suku bunga Inggris...
Dok kemenhub

Menhub Pastikan Pembangunan Bandara Siboru Terus Berjalan

👤RO/Micom 🕔Jumat 24 September 2021, 18:47 WIB
Presiden perintahkan agar pembangunan bandara di Papua dan Papua Barat...
thespruceeats.com

Aceh Selatan Kembangkan Sentra Industri Pala

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 24 September 2021, 18:47 WIB
Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan mengembangkan sentra industri pala yang akan meningkatkan pendapatan petani di kabupaten penghasil pala...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

El Diablo Waspada Sodokan Pecco

Trek lurus sepanjang 1,2 kilometer di Circuit of The Americas, Austin, AS, dapat dimanfaatkan Pecco dengan tunggangan motor Ducati Desmosedici yang kian tangguh di beberapa seri terakhir.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya