Senin 02 Februari 2015, 00:00 WIB

Paksa Badan Efektif Ciptakan Kesadaran

MI | Ekonomi
Paksa Badan Efektif Ciptakan Kesadaran

ANTARA

 

LANGKAH pemerintah menggencarkan upaya paksa badan (gijzeling) bagi penunggak pajak merupakan bukti penegakan hukum telah didirikan dan memberi pesan bagi wajib pajak untuk memenuhi kewajiban.

"Upaya paksa badan ini harus diapresiasi dan memang seharusnya dilakukan," kata pengamat perpajakan Dani Septriadi ketika dihubungi, kemarin.

Menurutnya, paksa badan penunggak pajak merupakan upaya terakhir. Tahapan untuk mencapai gijzeling seharusnya menggugah kedisiplinan para wajib pajak di Tanah Air.

Selain paksa badan, Dani juga mengimbau untuk memublikasikan profil penunggak pajak. Umumnya penunggak pajak akan membayar bila mendapat ancaman data mereka akan dipublikasikan ke masyarakat. "Reputasi bisnisnya bisa hancur," tandasnya.

Saat menanggapi usulan publikasi bagi penunggak pajak, Direktur Intelijen dan Penyidikan Ditjen Pajak Yuli Kristiyono mengatakan perlu kehati-hatian untuk memublikasikan identitas penunggak pajak. "Ini sama seperti KPK saat mengumumkan nama tersangka korupsi. Kita tidak bisa secara terbuka menyebut identitasnya," ujarnya menjawab pertanyaan Media Indonesia dalam jumpa pers, pekan lalu.

Yuli memaparkan pihaknya pernah mendapat gugatan balik karena mengumumkan identitas wajib pajak yang memiliki tunggakan. "Kita malah jadi repot. Mereka gugat balik dengan dalih pencemaran nama baik," paparnya.

Lain halnya dengan Direktur Transformasi Proses Bisnis Ditjen Pajak Wahyu Tumakaka. "Jika setelah melalui berbagai proses dan cukup bukti, tetapi tetap menghindar, si wajib pajak bermasalah itu bisa saja kita umumkan ke publik. Seharusnya tidak usah takut mengumumkannya," ujarnya.

Terkait modus kejahatan pajak, penyalahgunaan faktur pajak merupakan terbanyak dilakukan, yaitu hampir 60% dari tindak pidana pajak. Pada 2014 terdapat 15 kasus yang telah disidangkan dengan kerugian negara sebesar Rp383 miliar.(Bow/X-10)

Baca Juga

MI/Susanto

Kisah Perjuangan Para Juragan Jaman Now Mengembangkan Bisnis di Tengah Pandemi

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 22:45 WIB
Pasangan suami istri, Bunda Elis dan Babeh Roni pemilik camilan berbahan singkong bernama Yammy Babeh, selain menjalankan usaha juga...
Antara/Muhamamd Iqbal

Kendaraan Tanpa Awak bakal Jadi Transportasi Utama di IKN

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 21:30 WIB
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono menuturkan, kendaraan otonom (autonomous vehicle) itu akan menjadi bagian...
Antara/Syifa Yulinnas

Keran Ekspor CPO Dibuka, Petani Harapkan Harga TBS yang Pantas

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:45 WIB
Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Gulat Manurung mengharapkan minggu depan ada kenaikan angka BTS di atas Rp1.000...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya