Kamis 18 Maret 2021, 16:39 WIB

Ada Sistem Logistik Baru, Luhut: yang Halangi, Kami Buldoser

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Ada Sistem Logistik Baru, Luhut: yang Halangi, Kami Buldoser

Antara
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat berbincang dengan pejabat BPK.

 

PEMERINTAH telah meluncurkan sistem logistik baru, yakni Batam Logistic Ecosystem (BLE). Sistem tersebut diyakini dapat mengefisiensikan biaya logistik ekspor dan impor.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut pemerintah menargetkan delapan pelabuhan di Tanah Air, yang terintegrasi dengan sistem BLE. Itu bagian dari National Logistic Ecosytem (NLE) dan dapat meningkatkan daya saing usaha atau investasi di Batam, Kepulauan Riau.

NLE sendiri diketahui platform untuk mempertemukan komunitas logistik dalam memfasilitasi importir dan eskportir dalam suatu aplikasi.

Baca juga: Jokowi: Investasi Kunci Pertumbuhan Ekonomi 5%

"Ini kan ada delapan yang besar. Ada di Batam, Jakarta itu Tanjung Priok, Patimban, Tanjung Emas, Medan, Makassar. Kami mau tahun ini jadi (integrasi). Pokoknya harus bisa, siapa yang halangi, kami buldoser," tegas Luhut dalam konferensi pers virtual, Kamis (18/3).

Dengan sistem pembiayaan logistik tersebut, lanjut Luhut, investasi di Tanah Air diharapkan semakin meningkat. Dia pun menbandingkan Indonesia dengan Singapura, yang dinilai kalah dalam efisiensi pembiayaan logistik.

Baca juga: Holding Ultra Mikro Perluas Akses Pembiayaan

"Negara di seberang itu 13%, di kita 25,3%. Masa beda 10% lebih. Kalau beda gitu banyak, orang (berpikir) ngapain investasi di Indonesia. Kami menargetkan jadi 17% hingga 2024," papar Luhut.

Meskipun pandemi covid-19 belum mereda, pemerintah dikatakannya terus melakukan reformasi untuk meningkatkan daya saing Indonesia. Dalam paparan launching BLE misalnya, terlihat pemesanan truk lewat manual sebesar Rp975 miliar. Lewat platform tersebut, biaya pemesanan truk diperkirakan hemat 50%.

BLE menjadi menjadi percontohan atau pilot project bagi penataan logistik di Indonesia. Sistem ini berbasis digital dengan kemudahan pengurusan logistik dan perizinan.(OL-11)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Ekspor Perdana Beras Premium ke Arab Saudi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 18 Juni 2021, 08:17 WIB
Pelepasan ekspor perdana secara simbolis dipimpin oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sragen, Eka Rini Mumpuni Titi...
Antara/Abriawan Abhe

Pegadaian Dukung Integrasi Ekosistem Umi-UMKM

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 18 Juni 2021, 08:00 WIB
Holding BRI-Pegadaian-PNM bahkan semakin memperluas akses bagi pelaku bisnis...
MI/Usman Iskandar

Mengenal Impor Emas untuk Bahan Baku

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 18 Juni 2021, 07:12 WIB
Antam melakukan impor gold casting bar sebagai bahan baku sesuai dengan ketentuan yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Haru Biru King Christian

Di timnas Denmark, sosok berjuluk ‘King Christian’ telah menjadi sosok kunci sejak penampilan pertamanya pada 2010, membuat 109 penampilan dan mencetak 36 gol.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya