Kamis 18 Maret 2021, 06:33 WIB

Sebelum Lebaran, Citilink Bakal Buka Penerbangan Ngloram-Halim

Akhmad Safuan | Ekonomi
Sebelum Lebaran, Citilink Bakal Buka Penerbangan Ngloram-Halim

ANTARA/Kornelis Kaha
Ilustrasi--pesawat milik maskapai penerbangan Citilink

 

MENDAPAT dukungan penuh dari stakeholder, maskapai penerbangan Citilink (anak perusahaan Garuda Indonesia) bakal membuka penerbangan antara Bandara Ngloram, Kabupaten Blora dan Halim Perdanakusuma, Jakarta dengan intensiras dua kali dalam sepekan.

"Dengan adanya dukungan penuh dari stakeholder, saya optimistis maskapai penerbangan Citilink akan membuka penerbangan di Bandara Ngloram," kata Bupati Blora Arief Rohman kepada Media Indonesia, Kamis (18/3), usai Rapat Koordinasi Persiapan Pembukaan Penerbangan Citilink di aula lantai 2 Gedung Bappeda Kabupaten Blora.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi, ungkap Arief, stakeholder mempunyai potensi penyumbang penumpang seperti PPSDM Migas, PEM Akamigas, Pertamina, Exxon Mobil, Perhutani, hingga perwakilan Pemkab Bojonegoro, Ngawi, dan Grobogan. Semua stakeholder setuju dan mendukung agar penerbangan bisa segera dibuka.

Baca juga: Perbankan Diminta Turunkan Suku Bunga Proyek Infrastruktur

Pembukaan penerbangan di Bandara Ngloram, lanjut Arief, ditargetkan sebelum Lebaran mendatang, bahkan banyak permintaan sudah dapat dimulai pada awal Ramadan mendatang.

"Potensi jumlah penumpang memanfaatkan keberadaan babdara ini cukup besar seperti PPSDM Migas Cepu setiap tahun ada tamu sekitar 14 ribu orang yang mengikuti pendidikan dan pelatihan migas dari seluruh penjuru wilayah Indonesia," kata Arief.

Keberadaan Bandara Ngloram sendiri, menurut Arief, bukan hanya untuk Kabupaten Blora saja tetapi juga wilayah sekitarnya, diharapkan dengan selesainya pembangunan revitalisasi dan mulai beroperasi akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Blora dan sekitarnya.

Perwakilan Citilink Rahma, dalam keterangannya, mengatakan penerbangan Citilink nantinya akan menggunakan pesawat ATR-72 dengan intensitas penerbangan dua kali dalam sepekan.

"Kita sedang test pasarnya, untuk harga tiket dan jadwal penerbangannya nanti akan disepakati bersama dengan Pemkab dan stakeholder terkait," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Dewadaru Ariadi Widiawan mengatakan, hingga saat ini, pembangunan Bandara Ngloram masih terus berlangsung terutama untuk melengkapi fasilitas bandara.

Bandara Ngloram, saat ini, sudah dapat melaksanakan penerbangan karena landasan pacu sudah selesai, ujar Ariadi. Namun, pembangunan infrastruktur penunjang juga masih lakukan di antaranya pembangunan terminal penumpang yang ditarget selesai akhir Juni mendatang dan pembangunan akses jalan masuk juga terus didorong agar tahun ini selesai. (OL-1)

Baca Juga

Mi/Kristiadi

Pertamina: Tak Ada Kelangkaan Solar di Jakarta, Banten dan Jabar

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 17:11 WIB
Area Manager Comm Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menjelaskan, stok BBM tersebut...
Antara/Muhammad Iqbal.

Pernyataan Menko Polhukam terkait Pinjol Ilegal tidak Selesaikan Masalah

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 17:00 WIB
OJK mengatakan bahwa peminjam masih harus membayar pokok utang. Yang tidak perlu dibayarkan yakni bunga utang dan denda...
Antara/Rivan Awal Lingga.

Pemerintah Harus Gandeng Penyedia Aplikasi untuk Hentikan Pinjol Ilegal

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 15:27 WIB
Dengan akar permasalahan penawaran dari media digital, Polri harus cerdas dan kreatif untuk memberantas pinjol ilegal secara...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya