Jumat 05 Maret 2021, 10:00 WIB

Sri Mulyani Ajak Pemerintah Jepang Investasi Kendaraan Listrik

M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Sri Mulyani Ajak Pemerintah Jepang Investasi Kendaraan Listrik

MI/Susanto
Kendaraan listrik

 

PERTEMUAN Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji, Rabu (3/3), dimanfaatkan untuk mengajak Pemerintah Jepang berinvestasi mobil listrik di Indonesia.

"Pada courtesy call yang dilakukan oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia yang baru Mr. Kanasugi Kenji, Rabu (3/3), saya bertukar pikiran mengenai peluang hubungan kerja sama kedua negara," kata Sri Mulyani melalui akun Instagram pribadinya, Jumat (5/3).

Perempuan yang karib disapa Mbak Ani ini yakin investasi mobil listrik akan semakin mudah setelah terbitnya Omnibus Law UU Cipta Kerja, yang merupakan bagian sangat penting dalam reformasi struktural di Indonesia. Sehingga, investor diharapkan semakin tertarik berinvestasi di Indonesia.

"Industri otomotif Jepang telah tumbuh dengan sangat baik di Indonesia. Oleh karenanya, saya mengajak pemerintah Jepang untuk berpartisipasi dalam pengembangan kendaraan listrik," ujarnya.

Baca juga: SPKLU di Jakarta Jadi Model Ekosistem Kendaraan Listrik Baterai

Kemudahan dan daya tarik investasi juga semakin kuat dengan adanya pembangunan Pelabuhan Patimban. Diharapkan akan meningkatkan kualitas supply chain industri otomotif.

"Pemerintah Indonesia pun memberikan insentif fiskal bagi pengembangan electric vehicle. Ini merupakan kesempatan yang besar bagi Jepang untuk berinvestasi di Indonesia," jelasnya.

Beberapa manufaktur yang lain juga memiliki kesempatan untuk melakukan bisnis di Indonesia di antaranya pada sektor pendidikan, kesehatan, zona ekonomi khusus yang menciptakan zona untuk produksi manufaktur terutama yang berorientasi ekspor.

"Saya harap hubungan Indonesia-Jepang yang sudah lama terjalin baik dapat terus berlangsung, tidak hanya perdagangan internasional, tetapi juga membuka berbagai peluang investasi lain di Indonesia," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA

Dorong Industri Peleburan Tembaga di Wilayah Timur Indonesia

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 13 April 2021, 16:27 WIB
BKPM dan ENFI akan bekerja sama untuk membantu dan mendukung rencana investasi dan pembangunan peleburan tembaga di...
Antara

Pengusaha Siap Bayar THR Tepat Waktu

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 13 April 2021, 16:13 WIB
Kesiapan itu disuarakan Apindo, yang mengacu Surat Edaran Menaker tentang pelaksanaan pemberian THR 2021 bagi pekerja atau buruh di...
Antara/Akbar Nugroho

RI Targetkan Jadi Top 10 Ekonomi Global di 2030

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 13 April 2021, 15:52 WIB
Di tahun 2025, pemerintah juga menargetkan industri mampu berkontribusi pada Produk Domestik Bruto (PDB) nasional sebesar US$133...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya