Senin 15 Februari 2021, 08:29 WIB

Bandara Soetta Layani 2 Rute Penerbangan Tersibuk di Dunia

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Bandara Soetta Layani 2 Rute Penerbangan Tersibuk di Dunia

ANTARA FOTO/Fauzan
Prediksi penumpang di Bandara Soekarno Hatta

 

BANDARA Soekarno-Hatta (CGK) atau Soetta melayani dua rute penerbangan tersibuk di dunia pada Februari 2021. Hal itu berdasarkan riset dari lembaga analisis penerbangan global OAG yang berbasis di Inggris.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menyampaikan dua rute penerbangan dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta pada Februari 2021 termasuk ke dalam 10 besar rute domestik tersibuk di dunia berdasarkan kapasitas kursi penerbangan yang tersedia.

Rute tersebut adalah Jakarta (CGK) - Medan Kualanamu (KNO) yang berada di peringkat 7 dengan kapasitas kursi penerbangan mencapai 382.975 kursi.

Rute berikutnya yang masuk ke dalam rute domestik tersibuk di dunia adalah Jakarta (CGK)-Makassar (UPG) yang ada di peringkat 9 dengan ketersediaan kursi penerbangan sebanyak 370.931 penerbangan.

“Tingginya kapasitas kursi penerbangan menandakan adanya permintaan, yang juga berarti bahwa stakeholder mampu menjaga konektivitas udara dan operasional di Bandara Soekarno-Hatta," ungkap Awaluddin dalam keterangannya yang dikutip, Senin (15/2).

Adapun peringkat pertama rute domestik tersibuk di dunia yang tercatat oleh OAG ialah Jeju International (CJU) - Seoul Gimpo (GMP), Korea Selatan, dengan 1,19 juta kursi penerbangan.

Baca juga: Lab BSL-2 Hadir di Bandara Soetta Percepat Uji Sampel Covid-19

Awaluddin menambahkan dua rute domestik masuk sebagai rute tersibuk di dunia pada bulan ini, yakni dari dan ke Kualanamu, lalu dari dan ke Makassar, bukan merupakan destinasi wisata.

"Ini sejalan dengan imbauan pemerintah, di mana perjalanan jauh sebaiknya memang hanya untuk keperluan penting dan mendesak saja,” jelasnya.

Awaluddin mengatakan riset OAG ini juga membuat PT Angkasa Pura II dan stakeholder lain tetap bersiaga dalam menerapkan protokol kesehatan.

Pihaknya juga mengimbau agar calon penumpang pesawat memperhatikan persyaratan yang harus dipenui sebelum melakukan penerbangan sebagaimana tecantum di Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 19/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19.(OL-5)

Baca Juga

Dok Gojek

Ikuti Kemenhub, Gojek Tunda Kenaikan Tarif Ojol

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 23:54 WIB
Kenaikan antara lain, biaya jasa batas bawah sebesar Rp2.600/km, biaya jasa batas atas sebesar...
Antara

Menteri ESDM Minta PT Vale Tingkatkan Produksi Nikel

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 22:33 WIB
PT Vale Indonesia memiliki satu fasilitas pengolahan dan pemurnian nikel di Sorowako dengan kapasitas 70.000 ton nikel...
Dok PLN

PLN Kebut Penataan Infrastruktur Kelistrikan G20 di Bali

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:55 WIB
Saat ini progres tersebut mencapai 88,6 untuk pengamanan kelistrikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya