Sabtu 30 Januari 2021, 21:10 WIB

Menaker: 29,12 juta Penduduk Usia Kerja Terdampak Covid-19

Antara | Ekonomi
Menaker: 29,12 juta Penduduk Usia Kerja Terdampak Covid-19

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.
Pekerja melintas di waktu pulang kerja di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat

 

MENTERI Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengungkapkan ada sekitar 29,12 juta orang penduduk usia kerja yang terdampak pandemi COVID-19 sehingga langkah pemerintah untuk fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) dinilai tepat.
  
"Pembangunan SDM khususnya melalui pendidikan dan pelatihan vokasi untuk peningkatan kompetensi dinilai sangat tepat saat ini karena saat ini perlindungan terbaik bagi angkatan kerja baru dan para pekerja adalah perlindungan skill (kompetensi)," ujarnya di Medan, hari ini.

Dia mengatakan itu usai acara penandatanganan MoU antara Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan Ditjen Binalattas dengan mitra, asosiasi/industri di BBPLK Medan.

Menurut dia, setiap pekerja harus punya skill dan tersertifikasi. Skill juga harus bisa diperbaharui secara terus menerus agar bisa mengikuti perubahan karakter pekerjaan yang begitu cepat.

Dengan adanya skill, setiap individu akan punya kemampuan bekerja secara terus menerus baik bekerja untuk orang lain maupun membuka lapangan kerja baru.
  
"Dengan banyaknya SDM yang kompeten, penyerapan tenaga kerja dan produktivitas akan meningkat, yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan usai pandemi COVID-19," katanya.

Menaker mengingatkan, pemerintah menyadari seluruh program yang disiapkan tidak akan berjalan baik, bila tidak berkolaborasi dan bersinergi dengan para pemangku kepentingan. khususnya dari dunia usaha dan dunia Industri (DUDI).

DUDI, katanya, sebagai penyerap tenaga kerja memiliki peran besar dalam menentukan kompetensi yang dibutuhkan saat ini dan di masa depan agar proses link and match antara pendidikan dan dunia kerja bisa tercipta.

Untuk itu penyesuaian harus terus dilakukan agar lulusan pelatihan vokasi yang dilakukan akan selalu relevan dan terserap oleh perkembangan terkini di DUDI.(OL-4)

Baca Juga

Antara

Mendag: Hari Pertama Puasa, Harga Bahan Pokok Stabil

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 13 April 2021, 19:03 WIB
Kementerian Perdagangan terus memastikan kestabilan harga dan ketersediaan bahan pokok di tengah masyarakat selama...
DOK SHOPEEPAY

ShopeePay Super Online Deals Meriahkan Aktivitas Puasa dari Rumah

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 19:02 WIB
Pemerintah juga tetap mengimbau masyarakat untuk berbuka puasa dan sahur dari rumah bersama keluarga...
ANTARA FOTO/Muhamad Iqbal

Pencabutan Subsidi Listrik Menghemat Belanja Negara Rp22,2 Triliun

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 18:30 WIB
Pencabutan subsidi listrik golongan 450 VA yang menyasar 15,2 juta pelanggan akan menghemat belanja negara sebesar Rp22,12...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya