Senin 25 Januari 2021, 19:07 WIB

Penyaluran Dana Desa Saat Pandemi Dinilai Lebih Efektif

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Penyaluran Dana Desa Saat Pandemi Dinilai Lebih Efektif

Antara
Foto udara warga Suku Bajo yang menaiki perahu di Desa Leppe, Sulawesi Tenggara.

 

LEMBAGA Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia (LPEM UI) menilai penyaluran Dana Desa saat pandemi covid-19 jauh lebih efektif.

"Selama pandemi, pemerintah dapat memotong birokrasi langsung ke desa. Di desa pun wajib ada mengalokasikan anggaran bantuan tunai Dana Desa," ujar Peneliti Klaster Kemiskinan, Sosial, Perlindungan, dan Pembangunan LPEM UI Teguh Dartanto dalam webinar, Senin (25/1).

Menurutnya, mekanisme penyaluran Dana Desa sebelum pandemi covid-19 dilakukan secara bertahap. Mulai dari pemerintah pusat (APBN), kemudian disalurkan ke APBD, lalu Rekening Kas Umum Negara (RKUN), berlanjut ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dan sampai ke Rekening Kas Desa (RKD).

Baca juga: Investor Milenial Bisa Bantu Biaya Pembangunan

Berbeda saat pandemi covid-19 melanda Tanah Air. Penyaluran Dana Desa dikirim langsung ke rekening desa, sehingga lebih cepat sampai. Selain itu, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa ini menjadi anggaran yang wajib dialokasikan perangkat desa.

Lebih lanjut, Teguh menilai perekonomian desa selama pandemi masih dapat berjalan. Kondisi itu tecermin dari meningkatnya PDB sektor pertanian sebesar 2,19%. Penyerapan tenaga kerja di sektor tersebut juga tumbuh 2,23%.

"Sementara yang tidak menerima dan siapa yang berhak menerima langsung ditentukan oleh pihak desa. Jadi based on desa," imbuhnya. Sepanjang 2020, penyaluran Dana Desa ke rekening kas desa mencapai Rp71 triliun atau 99,95%.(OL-11)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Stimulus AS Dinilai Berdampak pada Ekonomi Dunia

👤 M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 07 Maret 2021, 12:56 WIB
Kebijakan stimulus yang ditetapkan Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan memberi dampak berganda pada ekonomi...
DOK KEMENTAN

Audit Kementan dan SFA Dorong Peningkatan Ekspor Babi ke Singapura

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Maret 2021, 12:33 WIB
Ia memberikan komitmennya bahwa Kementan akan terus memastikan bahwa implementasi biosekuriti dan penjaminan dalam bentuk kompartemen bebas...
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

Indef Minta Bulog Serap Produksi Beras Hasil Petani Lebih Dulu

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Maret 2021, 11:04 WIB
Direktur Eksekutif Indef Ahmad Tauhid, ketersediaan beras nasional diperkirakan mencapai 36 juta ton, sehingga masih ada kelebihan beras...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya