Kamis 07 Januari 2021, 20:14 WIB

Sandiaga Dapat Keluhan soal Sampah dari Warga Labuan Bajo

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Sandiaga Dapat Keluhan soal Sampah dari Warga Labuan Bajo

Dok Kemenperaf
Sandiaga Uno

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendapat keluhan langsung dari masyarakat ketika melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (7/1), 

"Sampah jadi salah satu masalah disini, pak," ujar Lydia, salah seorang warga kepada Sandiaga dalam keterangan pers Kemenparekraf, (7/1).

Disebutkan bahwa, setiap harinya Labuan Bajo menghasilkan sampah sebanyak 30 ton. Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebelumnya telah membangun fasilitas pengelolaan sampah terpadu yang dapat mengelola sampah 10 ton per hari.

"Masalah sampah ini, saya akan berkoordinasi dengan bupati, kapolres juga untuk sama-sama kita segera identifikasi masalah dan penanganannya," kata Sandiaga.

Labuan Bajo sendiri menjadi salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas. Sandiaga mengatakan masalah sampah tersebut secepatnya ditangani.

Sandiaga mengatakan, salah satu upaya yang dapat dilakukan pihaknya ialah mendorong peran komunitas yang ada di Labuan Bajo. Salah satunya komunitas Trash Hero Komodo yang dikatakan fokus pada isu permasalahan lingkungan khususnya limbah sampah.

Menparekraf langsung mengajak Trash Hero Komodo untuk melakukan pilot project pengelolaan sampah pada bulan Februari mendatang.

"Kolaborasi dengan melakukan inovasi dan adaptasi akan kita lakukan, gerak bersama dan gerak cepat agar pariwisata dan ekonomi kreatif dapat memberi manfaat bagi masyarakat," pungkas Mantan Wakil Gubernur DKI itu.

Dijelaskan bahwa, berdasarkan data Travel & Tourism Competitiveness Index (TTCI) yang dikeluarkan World Economic Forum (WEF) pada 2019, dari 14 pilar yang menjadi penilaian tingkat daya saing pariwisata Indonesia, ada tiga pilar yang posisinya di atas 100 dari 141 negara dan harus jadi perhatian. 

Yakni environmental, sustainability, tourist service infrastructure, serta health and hygiene. (OL-8)

Baca Juga

Antara

Dolar AS Turun Terseret Kecemasan Inflasi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Mei 2021, 08:05 WIB
KURS dolar Amerika tergelincir pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), terseret oleh kecemasan...
Antara

Permintaan di AS Meningkat Harga Minyak Terangkat

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Mei 2021, 07:20 WIB
HARGA minyak naik lebih dari satu persen pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), terangkat oleh pembukaan kembali ekonomi Eropa dan...
Antara

Harga Emas Naik Lagi Dilecut Kekawatiran Inflasi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Mei 2021, 07:05 WIB
HARGA emas melonjak ke tertinggi dalam lebih dari tiga bulan pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB),kekhawatiran inflasi membuat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tempat Wisata Tetap Pilihan Utama

LIBUR Lebaran tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya