Rabu 25 November 2020, 16:35 WIB

Rp23,4 Triliun Banpres PUM Tersalurkan Buat UMKM

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Rp23,4 Triliun Banpres PUM Tersalurkan Buat UMKM

ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
PENDAFTARAN BANPRES PUM: Sejumlah pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) antre untuk mendaftarkan diri menjadi calon penerima Banpres PUM.

 

MENTERI Koperasi dan UKM Teten Masduki melaporkan progres penyaluran Banpres Produktif untuk Usaha Mikro (PUM) yang sudah sampai ke 9,7 juta pelaku usaha mikro yang tersebar di seluruh Indonesia. Nilainya mencapai Rp23,4 triliun atau mencapai 81,19% dari anggaran sebesar Rp28,8 triliun.

Dalam keterangan resminya, Rabu (25/11), Banpres PUM diberikan sebesar Rp2,4 juta kepada tiap pelaku usaha mikro yang memenuhi persyaratan. Hingga akhir 2020, pemerintah masih membuka kesempatan kepada 3 juta pelaku usaha untuk mendapatkan Banpres PUM ini.

"Bagi UMKM yang sudah bankable, dapat mengakses lewat kredit perbankan atau lembaga pembiayaan lainnya," kata Teten.

Program Banpres PUM diluncurkan oleh pemerintah agar para pelaku usaha mikro tetap bertahan menjalankan usahanya di tengah krisis akibat pandemi covid-19.

Teten mengatakan, hasil rapid survey Asian Development Bank (ADB) menunjukkan kebijakan yang paling dibutuhkan usaha mikro di masa pandemi covid-19 ini adalah pinjaman tanpa bunga dan agunan yaitu sebanyak 91,8% usaha mikro, serta 89,5% UMKM membutuhkan bantuan hibah.

"Bagi pelaku usaha mikro seperti petani, nelayan, atau petambak yang belum mengakses pembiayaan perbankan, sekarang sudah dapat mengakses," tuturnya.

Sedangkan bagi pelaku usaha yang sudah dalam naungan koperasi, mereka dapat mengakses perkuatan modal kerja koperasi melalui LPDB-KUMKM. Pemerintah sudah menyiapkan Rp1 triliun untuk LPDB-KUMKM dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Kami telah menyalurkan 100% dengan 63 koperasi penerima (101.011 UMKM). Saat ini LPDB-KUMKM mendapatkan penambahan anggaran sebesar Rp292 miliar yang diperuntukan bagi koperasi untuk menyerap produk petani/nelayan," ujar Teten. (E-2)

Baca Juga

Ist/Sariraya

Kerja Sama RI-Jepang, Peluang UMKM Kembangkan Bisnis ke Jepang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 20:34 WIB
Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi pelaku UMKM agar memanfaatkan peluang dari perjanjian perdagangan dan...
DOK BRI

Rangkul Fans MLBB, BRI Rilis BRIZZI Edisi Spesial Mobile Legend

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 18:38 WIB
Saat ini BRIZZI telah menjadi salah satu alat pembayaran atau e-wallet bagi banyak...
Antara

Februari, Daging Sapi Impor Masuk Indonesia

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 24 Januari 2021, 15:04 WIB
Kementan menyebutkan impor daging sapi bakalan akan datang pada Februari 2021. Upaya impor tersebut untuk menjaga stabilitas harga dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya