Rabu 25 November 2020, 16:08 WIB

Pemerintah Gulirkan Stimulus, DPR: Awas Ada UMKM Abal-Abal

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Pemerintah Gulirkan Stimulus, DPR: Awas Ada UMKM Abal-Abal

Antara/Yusuf Nugroho
Ilustrasi perajin yang memproduksi miniatur truk.

 

PEMERINTAH harus membenahi basis data pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Sehingga, tidak ada UMKM abal-abal yang menerima program pemberdayaan dan stimulus bantuan.

Selain itu, dibutuhkan pendataan akurat disertai kolaborasi antarpihak. Dalam hal ini, untuk menjangkau UMKM yang belum mengakses layanan perbankan (unbankable).

Idealnya, Indonesia sudah memiliki pendataan UMKM yang akurat dan terpadu. Selama pendataan UMKM belum optimal, berbagai program bantuan untuk pelaku UMKM tidak akan efektif.

"Dengan data yang lebih akurat, UMKM yang serius dapat dipisahkan dari UMKM abal-abal, yang dibuat hanya untuk dana bantuan. Bahkan, disinyalir banyak UMKM ‘plat merah’ yang dibuat aparat/petugas penyalur bantuan," pungkas Anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno dalam keterangan resmi, Rabu (25/11).

Baca juga: K/L Wajib Belanja Produk UMKM Minimal 40% dari Pagu Anggaran

Menurutnya, pembentukan pusat data terpadu akan meningkatkan kualitas dan efektivitas kebijakan untuk UMKM dan koperasi.

"Pintu masuknya adalah ketersediaan data yang akurat. Tanpa data akurat, tidak ada kebijakan publik yang efektif. Selain itu, tidak ada koordinasi dan sinergi yang bisa dilakukan,” imbuh Hendrawan.

Saat ini, proses pembuatan pusat data terpadu UMKM sudah dimulai Kementerian Koperasi dan UKM. Berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, basis data tunggal UMKM harus terbentuk maksimal dalam 2 tahun.(OL-11)

 

Baca Juga

Ist/Sariraya

Kerja Sama RI-Jepang, Peluang UMKM Kembangkan Bisnis ke Jepang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 20:34 WIB
Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi pelaku UMKM agar memanfaatkan peluang dari perjanjian perdagangan dan...
DOK BRI

Rangkul Fans MLBB, BRI Rilis BRIZZI Edisi Spesial Mobile Legend

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 18:38 WIB
Saat ini BRIZZI telah menjadi salah satu alat pembayaran atau e-wallet bagi banyak...
Antara

Februari, Daging Sapi Impor Masuk Indonesia

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 24 Januari 2021, 15:04 WIB
Kementan menyebutkan impor daging sapi bakalan akan datang pada Februari 2021. Upaya impor tersebut untuk menjaga stabilitas harga dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya