Senin 16 November 2020, 14:35 WIB

Digitalisasi Juga Sampai ke Desa

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Digitalisasi Juga Sampai ke Desa

MI/Lilik Darmawan
Menteri Desa Abdul Halim Iskandar

 

MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengungkapkan, pentingnya digitalisasi menjadi bagian upaya untuk mempercepat pembangunan desa.

Menurutnya, keberadaan desa harus mengikuti perkembangan zaman dan dalam proses pembangunan tidak boleh bertahan pada posisi-posisi yang lama.

"Itulah makanya digitalisasi ekonomi desa menjadi salah satu program utama atau prioritas utama di dalam upaya pembangunan desa di Kemendes PDTT,” ujar Hakim dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/11).

Ia menambahkan, alasan digitalisasi ekonomi menjadi prioritas utama, terlebih dalam situasi Pandemi covid-19 ialah agar dalam memasarkan berbagai potensi dan berbagai produk yang dihasilkan oleh desa akan lebih mudah.

“Jadi kalau bicara tentang potensi desa, itu di mana-mana sudah bagus. Tidak mungkin kita kemudian memiliki potensi luar biasa tapi tidak tertangani dari sisi pengenalan dan pemasaran. Justru permasalahan yang paling banyak dihadapi di desa adalah bagaimana memasarkan itu,” jelas Hakim

Untuk mengatasi itu semua, kata Mendes PDTT, yang harus menjadi prioritas adalah menemukan offtaker atau pembeli yang diharapkan mampu menjadi media untuk mentransformasi berbagai potensi desa menuju ke wilayah yang dituju, yaitu pasar domestik maupun pasar internasional.

Hakim menjabarkan, ada dua hal yang diuntungkan dengan adanya digitalisasi desa. Yang pertama, akan memutus banyak mata rantai yang menyebabkan terjadinya kemahalan barang ketika diterima oleh konsumen. Yang kedua, mendekatkan antara pembeli dan penjual.

"Pada kenyataannya, di desa-desa sangat membutuhkan pengembang masyarakat utamanya terkait dengan agama," pungkas Hakim. (E-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

Menkop UKM: Kerajinan Batu dan Kayu Fosil Tulungagung Dilirik Pasar Global

👤 Despian Nurhidayat 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 14:15 WIB
Ekspor produk kerajinan dari Tulungagung, Jatim, membuktikan bahwa UKM Indonesia tetap memiliki pasarnya sendiri di luar...
dok.ist

Tidak Bayar Utang di Pinjol Legal, Apa Saja Risikonya

👤Muhamad Fauzi 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 13:06 WIB
MASYARAKAT sering salah kaprah, utang melalui pinjaman online, tidak ada tatap muka sehingga tidak bayar tidak...
dok.DPR RI

Gobel Pimpin Delegasi RI Kunjungi Pabrik Traktor di Minsk

👤Muhamad Fauzi 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 12:46 WIB
WAKIL Ketua DPR RI Rachmat Gobel memimpin delegasi DPR RI dalam kunjungan ke Belarusia, dihari kedua mengunjungi pabrik traktor di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Amendemen Konstitusi antara Ambisi Elite dan Aspirasi Rakyat

Persepsi publik mengenai cara kerja presiden lebih mengharapkan pemenuhan janji-janji politik saat kampanye ketimbang bekerja berdasarkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya