Selasa 10 November 2020, 22:15 WIB

Kementerian Agraria Siapkan PP Bank Tanah

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Kementerian Agraria Siapkan PP Bank Tanah

MI/ Pius Erlangga
.

 

KEMENTERIAN Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memastikan pembentukan Bank Tanah akan teralisasi setelah turunan Undang-Undang Cipta Kerja, yakni Peraturan Pemerintah rampung.

"Kami tengah siapkan aturan pelaksanaan UU Cipta Kerja, salah satunya PP soal bank tanah," kata Menteri ATR/BPN Sofyan A. Djalil dalam konferensi pers virtual, Selasa (10/11).

Badan Bank Tanah diketahui berfungsi untuk melaksanakan perencanaan, perolehan, pengadaan, pengelolaan, pemanfaatan, dan pendistribusian tanah. PP tersebut menjadi landasan pembentukan badan tersebut.

"Ketika PP ini jadi dalam waktu yang tidak lama sekitar dua hingga tiga bulan selesai, bank tanah sudah berdiri," ucap Sofyan.

Sebelumnya, dijelaskan Badan Bank Tanah sebagai pemegang hak pengelolaan diberikan kewenangan untuk membantu kemudahan perizinan berusaha atau persetujuan, melakukan penyusunan rencana induk, melakukan pengadaan tanah, menentukan tarif pelayanan.

Bank Tanah juga diharapkan dapat mencegah aksi spekulan tanah yang terjadi karena banyaknya tanah yang telantar dan tidak jelas kepemilikannya.

"Bank Tanah bisa menjual tanah kepada pengembang dengan harga yang rendah, karena bantuan pendanaan dari perjanjian dengan industri finansial, maupun subsidi yang sedang diwacanakan. Dengan harga yang lebih rendah dari bank tanah, harga tanah di pasaran tidak akan terus melambung tinggi," tuturnya. Plt. Direktur Jenderal Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan Kementerian ATR/BPN) Himawan Arief Sugoto beberapa waktu lalu. (OL-8)

 

Baca Juga

Ist

Meski Pandemi, Perusahaan Ritel Ini Tetap Tumbuh Pesat

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Januari 2021, 18:30 WIB
IUIGA menjadi salah satu dari lima startup yang mendapatkan penghargaan pada bidang Supply Chain & New Retail di...
MI/FC Hutama Gani

Bunuh Dunia Usaha, Asosiasi Usaha Minta PPKM Disetop

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 18 Januari 2021, 18:25 WIB
PPKM dianggap memukul dunia usaha hotel dan restoran serta mal. Pihak asosiasi usaha pun meminta pemerintah untuk tidak meneruskan...
DOK BPJAMSOSTEK

Walau Pandemi,Peserta BPJAMSOSTEK tetap Raih Hasil Lebihi Deposito

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Januari 2021, 17:48 WIB
Sepanjang 2020, pembayaran klaim BPJAMSOSTEK mengalami peningkatan sebesar 20,01% atau mencapai Rp36,5...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya