Sabtu 07 November 2020, 17:36 WIB

Wapres Ingin Desa Ikuti Perkembangan Teknologi

Emir Chairullah | Ekonomi
Wapres Ingin Desa Ikuti Perkembangan Teknologi

Antara/Anis Efizudin
Petani memotret kentang yang baru dipanen dengan gawai di Desa Tambi, Wonosobo, Jawa Tengah.

 

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin berharap seluruh desa mampu mengikuti kemajuan teknologi dengan mengurangi kesenjangan digital.

Peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang paham digital sangat dibutuhkan dalam pengembangan desa digital. Sehingga, mampu menggerakkan dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat. Adapun prinsip pembangunan harus menjadikan warga desa sebagai subyek.

“Oleh karena itu, diperlukan peningkatan kapasitas SDM desa melalui kegiatan pelatihan, pendampingan dan literasi digital,” ujar Ma’ruf dalam seminar virtual, Sabtu (7/11).

Baca juga: Omzet 30 Ribu Badan Usaha Milik Desa Capai Rp2,1 Triliun

Lebih lanjut, Ma’ruf menyebut pemerintah berupaya meningkatkan percepatan akses dan pembangunan infrastruktur digital. Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp30,5 triliun untuk mempercepat transformasi digital. Salah satunya, pembangunan akses internet di 4.000 desa dan kelurahan di daerah 3T.

“Sampai saat ini, terdapat 233 desa yang menjadi contoh desa digital di Indonesia,” imbuh Ma’ruf.

Infrastruktur telekomunikasi dan informasi sangat diperlukan dalam pembangunan desa digital. Dalam hal ini, melalui penyediaan jaringan, perangkat, aplikasi yang sesuai karakteristik penduduk, serta pendampingan bagi masyarakat desa. Misalnya, program Tol Langit yang menyediakan kualitas layanan internet cepat di 514 kabupaten/kota.

Baca juga: K/L Wajib Belanja Produk UMKM Minimal 40% dari Pagu Anggaran

“Tol Langit telah diwujudkan dalam program strategis nasional, yang sudah beroperasi penuh. Proyek satelit multifungsi pemerintah atau Satelit Republik Indonesia-SATRIA ditargetkan selesai pada akhir 2023,” pungkasnya.

Ma’ruf berharap dukungan penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan informasi Tol Langit dapat mengoptimalkan pengembangan desa digital. Dirinya ingin prioritas penggunaan Dana Desa 2021 fokus kepada pelaksanaan pembangunan berkelanjutan (SDGs) di tingkat desa.(OL-11)

 

Baca Juga

DOK OJK

OJK Beberkan Lima Prioritas Sektor Jasa Keuangan 2021

👤Ihfa Firdausya 🕔Jumat 15 Januari 2021, 21:50 WIB
Memasuki 2021, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ingin memanfaatkan momentum untuk mengaplikasikan kebijakan-kebijakan yang mengungkit...
DOK MI

Kecelakaan Fatal Pesawat Indonesia di Bawah Rata-Rata Global

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 15 Januari 2021, 21:40 WIB
Kecelakaan fatal pesawat di Tanah Air sudah jarang terjadi lantaran banyak dilakukan perbaikan dari sisi regulasi dan pengawasan...
Antara/Aditya Pradana Putra

OJK: Covid-19 Buat Kredit Perbankan Minus 2,41% di 2020

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 15 Januari 2021, 20:52 WIB
Menurutnya, perekonomian nasional pun terkontraksi cukup dalam, sehingga menekan kinerja sektor riil dan mengurangi pendapatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya