Selasa 27 Oktober 2020, 20:58 WIB

Libur Panjang, Pertamina Jamin Kelancaran Pasokan BBM dan Avtur

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Libur Panjang, Pertamina Jamin Kelancaran Pasokan BBM dan Avtur

MI/Rendy Ferdiansyah
Pertamina pastikan stok serta pasokan BBM dan LGP aman jelang libur panjang.

 

JELANG libur panjang (long weekend) dalam  momentum cuti bersama pada 28 Oktober hingga 1 November 2020, PT Pertamina (persero) telah mengantisipasi kebutuhan BBM, LPG hingga Avtur dan memastikan ketersediaan pasokan dalam kondisi aman dan distribusi lancar.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, dalam rangka mengantisipasi kebutuhan energi akibat meningkatnya mobilitas manusia dalam liburan panjang selama 5 hari, Pertamina telah menyediakan pasokan yang cukup.

Baca juga: Cuti Bersama, Airnav Antisipasi Lonjakan Penerbangan

Untuk jenis BBM mulai dari Pertaseries, dexseries, premium dan solar, ketahanan stok secara nasional rata-rata di atas 31 hari, sedangkan untuk LPG di atas 18 hari dan akan terus terjamin ketersediaannya.

“Untuk melayani masyarakat yang memanfaatkan moda transportasi udara, Pertamina menjamin stok Avtur sangat aman dengan coverage day hingga 66 hari atau sekitar 386 ribu KL," ungkap Fajriyah dilansir dari keterangan resmi, Selasa (27/10).

Menurutnya, Pertamina juga mengantisipasi adanya peningkatan aktivitas konsumen rumah tangga dalam menyediakan makanan untuk keluarga selama cuti bersama.

Stok LPG di SPPBE dan Depot LPG saat ini dalam kondisi aman. Bahkan untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan LPG 3kg selama libur panjang  ini, Pertamina menyiapkan tambahan fakultatif sebesar 4% atau sekitar 5.750 MT/hari.

“Agar kebutuhan energi tetap terpenuhi dan masyarakat tetap nyaman menikmati liburan panjang, Pertamina akan terus memantau adanya kenaikan permintaan LPG dan akan menyiapkan penambahan pasokan secara fakultatif bila diperlukan. Namun, kami mengimbau bagi masyarakat yang secara ekonomi terkategori mampu dapat menggunakan LPG nonsubsidi dengan varian Bright Gas,” ujarnya.

Baca juga:Dapat Sertifikasi EDGE, Proyek Samara Suites Terus Dilanjutkan

Di tengah pandemi covid-19, lanjut Fajriyah, Pertamina juga menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Pertamina semenjak awal pandemi telah menerapkan standar protokol pencegahan covid-19 di seluruh fasilitas BBM dan LPG termasuk SPBU. Sehingga kami akan sangat berterima kasih apabila konsumen juga dapat berpartisipasi dalam upaya pencegahan tersebut," pungkas Fajriyah. (Des/A-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/tom.

Jokowi Ingatkan Akses Modal UMKM Jangan Dipersulit

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 20 Januari 2022, 12:45 WIB
Presiden Joko Widodo menyoroti porsi kredit pelaku UMKM di perbankan yang belum mengalami perubahan di kisaran...
Antara

OJK Proyeksikan Kredit Tumbuh 7,5% Pada Tahun Ini

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 20 Januari 2022, 12:40 WIB
Proyeksi ini mempertimbangkan berbagai tantangan yang akan dihadapi pada tahun ini, di mana salah satunya ialah varian...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.

Pertamina dan Grab Sepakat Perkuat Ekosistem Kendaraan Listrik

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 20 Januari 2022, 12:08 WIB
Pertamina NRE dan Patra Niaga, menandatangani nota kesepahaman dengan Grab Indonesia untuk memperkuat ekosistem electric vehicle...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya