Selasa 27 Oktober 2020, 12:23 WIB

Pertamina Jamin Stok BBM Aman Selama Libur Panjang

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pertamina Jamin Stok BBM Aman Selama Libur Panjang

ANTARA/Reno Esnir
Konsumen mengisi bensin secara mandiri (self service) di salah satu SPBU Pertamina di Jakarta.

 

PERTAMINA menjalin koordinasi dengan internal dan eksternal guna menunjang kelancaran pasokan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) selama libur panjang Maulid Nabi 2020.

"Kami pastikan stom BBM dan LPG ketercukupan termasuk awak mobil tanki (AMT) dan semua mobil tanki serta infrastruktur dalam kondisi maksimum," ungkap Unit Manager Communication, Relations & CSR Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) Umar Ibnu Hasan dalam keterangan resmi, Selasa (27/10).

Jika masih diperlukan, kata Umar, penyaluran BBM maupun LPG akan terus ditambah sesuai dengan kebutuhan, sementara untuk produk subsidi dan penugasan akan disesuaikan dengan kuota yang telah ditetaplan pemerintah.

Baca juga: Hari Ini Diperkirakan Puncak Arus Libur Panjang di Bandara Soetta

Umar menerangkan, mulai bergeliatnya aktivitas perkantoran dan UKM masih menjadi alasan mulai naiknya konsumsi BBM dan naiknya konsumsi LPG PSO dan Non PSO sektor rumah tangga.

"Kondisi ini sudah kami antisipasi. Karenanya, saat ini, kami telah menyiapkan proyeksi penyaluran fakultatif terutama di lokasi-lokasi yang menjadi tujuan mudik dan tujuan wisata untuk disalurkan menjelang libur nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW," kata Umar

Ia menambahkan, pada September 2020, tercatat konsumsi BBM nonsubisdi jenis Gasoline (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) sekitar 140.000 kiloliter atau turun sekitar 6% dari rata-rata konsumsi sebelum covid-19 (Jan-Feb) yaitu di kisaran 150.000 kiloliter.

Untuk konsumsi BBM nonsubsidi jenis Gasoil (Dex, Dexlite) pada September 2020, ungkap Umar, sebesar 4.495 kiloliter atau meningkat 17% dibandingkan dengan rata-rata konsumsi sebelum covid-19 (Jan-Feb) yaitu sekitar 3.850 kiloliter.

Umar juga menyebut, selama covid-19, konsumsi LPG sektor rumah tangga di September mengalami kenaikan. Untuk LPG PSO 3 Kg naik sebesar 4% dari konsumsi normal sebelum covid-19 (Jan-Feb), yaitu dari 43.000 metric ton menjadi 46.000 metric ton. (OL-1)

Baca Juga

MI/Reza Sunarya

Kemenhub Gandeng Astra Uji Coba Car Terminal di Patimban

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 30 November 2020, 21:14 WIB
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) gandeng perusahaan manufaktur Astra  dalam uji coba bongkar muat car terminal di Pelabuhan...
Ist

Fintech Mulai Merambah ke Sektor Pertanian

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 November 2020, 18:08 WIB
Dengan fintech pertanian, petani sekarang memiliki peluang yang lebih baik untuk menjalin hubungan langsung dengan pemberi...
DOK KEMENTAN

Mentan Ajak Perguruan Tinggi Bangun SDM Pertanian Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 November 2020, 15:19 WIB
Menurut Mentan, perguruan tinggi memiliki tanggungjawab yang sama dalam menyediakan kebutuhan pangan bagi 270 juta penduduk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya