Kamis 22 Oktober 2020, 06:57 WIB

PT Taspen Raih Peringkat idAAA dengan Outlook Stabil

Basuki Eka Purnama | Ekonomi
PT Taspen Raih Peringkat idAAA dengan Outlook Stabil

Dok Taspen
Logo Taspen terlihat di kantor BUMN asuransi itu.

 

PT Taspen diganjar peringkat idAAA dengan outlook Stabil oleh Pefindo Credit Rating Agency. Sebagai BUMN asuransi nasional terbesar di Indonesia, peringkat yang diperoleh mencerminkan karakteristik kesehatan keuangan yang terbaik karena idAAA adalah peringkat tertinggi atas kesehatan keuangan korporasi yang diberikan PEFINDO, dengan peringkat tersebut relatif setara dengan sovereign risk rate dari negara Republik Indonesia.

Analis Pefindo Handhayu Kusumowinahyu mengungkapkan peringkat yang diberikan pada 19 Oktober 2020 itu mencerminkan peran kunci perusahaan dalam menyediakan jasa asuransi sosial kepada ASN di Indonesia, profil bisnis yang sangat kuat, serta posisi likuiditas yang sangat memadai.

Pefindo juga memperkirakan dampak dari pandemi covid-19 terhadap profil risiko Taspen tergolong minimal. Pandemi covid-19 tidak akan berpotensi pada penurunan produksi premi karena layanan yang diberikan Taspen bersifat wajib dan tidak ada rencana pengurangan gaji PNS.

Baca juga: Erick Thohir Perbesar Komposisi Perempuan di BUMN

Hal itu mengimbangi kekhawatiran atas potensi produksi premi yang lebih rendah dari anak perusahaan karena menurunnya bisnis di tengah pandemi covid-19, serta volatilitas pasar modal yang dapat mempengaruhi kinerja portofolio investasi Taspen.

Direktur Utama Taspen, ANS Kosasih menyampaikan bahwa peringkat idAAA dengan Stable Outlook tersebut merupakan buah dari implementasi strategi dan kebijakan Taspen dalam menjalankan operasional yang prima, serta menerapkan investasi secara prudent, berhati-hati dan aman dengan memperhitungkan secara seksama tingkat risiko, kondisi pasar, likuiditas yang memadai, imbal hasil yang optimal dan pencadangan yang konservatif untuk menjamin kesejahteraan peserta.

Ia menuturkan, di tengah kondisi pasar yang sangat volatile, Taspen, sebagai salah BUMN asuransi nasional terbesar di Indonesia, selalu menerapkan prinsip kehati-hatian dan memprioritaskan keamanan investasi untuk mencapai manfaat yang optimal bagi para peserta.

“Taspen berkomitmen untuk selalu menerapkan prinsip PAHALA, yaitu Pastikan Aman, Hasil, Andal, Likuid dan Antisipatif dalam setiap kegiatan investasi kami. Hal tersebut mencerminkan kemampuan yang tinggi dan kehati-hatian yang kami pegang teguh guna menjamin keamanan dan imbal hasil dari dana yang diamanahkan untuk dikelola oleh Taspen guna memberikan manfaat terbaik bagi peserta,” tutup Kosasih. (RO/OL-1)

Baca Juga

AFP

Visa Bantu Akselerasi Pelaku Startup Kembangkan Bisnis

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 01 Desember 2020, 23:40 WIB
Visa memiliki posisi yang unik untuk membantu perusahaan startup berekspansi ke negara lain dan menjangkau pelanggan...
MI.com/Vicky Gustiawan

Penjualan Xiaomi Mengungguli Apple

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 01 Desember 2020, 23:00 WIB
Xiaomi tercatat menjual 44,4 juta unit, sedangkan Apple menjual 40,5 juta unit, turun 0,6 persen dibandingkan pada...
Ilustrasi

APBN 2021 Capai Rp2.750 Triliun, Pendidikan Kebagian Rp550 Triliun

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 01 Desember 2020, 22:55 WIB
Alokasi ini dikatakan menjadi yang terbesar dibandingkan bidang lain di mana mencapai 20% dari total APBN...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya