Rabu 21 Oktober 2020, 15:16 WIB

Penyaluran Dana Pemulihan Ekonomi Hampir 50%

Dhika Kusuma Winata | Ekonomi
Penyaluran Dana Pemulihan Ekonomi Hampir 50%

ANTARA/Dhemas Reviyanto
.

 

DANA stimulus untuk pemulihan yang disalurkan pemerintah sudah mencapai hampir 50%. Dari anggaran Rp695 triliun yang disiapkan, pemerintah menyalurkan Rp344 triliun.

"Sampai minggu kedua Oktober kita sudah berhasil menyalurkan Rp344,4 triliun atau hampir 50% dari total anggaran yang Rp695,2 triliun," kata Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers, Rabu (21/10).

Budi membeberkan di kuartal III lalu, pemerintah berhasil menyalurkan dana PEN sebesar Rp150 triliun. Pada kuartal IV, pemerintah akan bekerja maksimal menyalurkan sisa anggaran untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

"Kami juga memiliki target yang kurang lebih sama dengan kuartal III yakni minimal Rp100 triliun bisa disalurkan melalui PEN. Ini bisa membantu, mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal IV," ucap Budi.

Terkait ancaman resesi kuartal III, Budi enggan berspekulasi. Ia mengatakan dana Rp150 triliun yang disalurkan pada kuartal III diprediksi bisa memberikan efek berganda. Efek fiskal pada penyaluran dana PEN kuartal III akan memberikan dampak positif ke PDB.

"Angka pertumbuhan kuartal ketiga belum keluar jadi saya tidak mau berspekulasi apakah masuk resesi atau tidak. Saya rasa tunggu nanti hasil pengumuman dari BPS," tukasnya. (OL-14)

Baca Juga

Dok AKR Land

Pengembangan Properti Mesti Mampu Angkat Ekonomi Daerah

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 21:50 WIB
Proyek-proyek kota satelit yang dikembangkan AKR Land merupakan perwujudan kontribusi perusahaan terhadap pembangunan di...
Antara/Umarul Farug

Diwarnai Perlawanan, Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Rokok

👤Despian Nurhidayat 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 19:15 WIB
Mereka melempari kapal BC 10009, BC 15040, BC 15041, dan HSC yang dikuasai Bea Cukai dengan bom molotov, mercon, serta kembang...
Dok. Bank Mandiri

Peduli Bencana Alam, Bank Mandiri Salurkan Bantuan Darurat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 18:34 WIB
Pengiriman bantuan tanggap darurat Mandiri Peduli Bencana tersebut dilakukan oleh karyawan dan sukarelawan melalui jalan darat dari lokasi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya