Selasa 05 Mei 2020, 17:25 WIB

Pertumbuhan Anjlok, Airlangga: Kita Siapkan Exit Strategy

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Pertumbuhan Anjlok, Airlangga: Kita Siapkan Exit Strategy

Sketsa.MI
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

 

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, Indonesia perlu untuk menjaga pertumbuhan ekonomi nasional di posisi yang positif meski pandemi covid-19 menhantam tiap lini perekonomian.

"Kita harus terus menjaga pertumbuhan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal pertama 2020 tercatat masih positif yaitu 2,97%. Untuk proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional sepanjang 2020 dalam APBN-P 2020 juga sekitar 2,3%," kata Airlangga dari keterangan resmi yang diterima, Selasa (5/5).

"IMF pun sudah memproyeksikan bahwa Indonesia termasuk dalam tiga negara yang akan tetap bertumbuh positif setelah pandemi ini berakhir selain Tiongkok dan India," sambungnya.

Ia menambahkan, pandemi covid-19 memang memberi guncangan signifikan pada perekonomian. Belum lagi dampak yang dihasilkan seperti lockdwon di beberapa negara dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan di beberapa wilayah Indonesia.

Hal tersebut dinilai mematikan sementara sebagian nadi ekonomi nasional. Namun berdasarkan asumsi ahli yang menyebutkan pandemi akan berakhir di Indonesia pada Mei 2020, pemerintah sudah mulai menyiapkan program strategi untuk pemulihan.

"Pemerintah sedang menyiapkan program exit strategy dari kondisi pandemi ini, agar masalah bencana di kesehatan tidak merambat ke sektor-sektor lainnya. Misalkan pabrik harus menjalankan protokol covid-19 jika ingin beroperasi, dan juga tetap menggunakan masker yang sedang disiapkan BNPB," tutup Airlangga.

Sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2020 yang melambat. Pasalnya ekonomi Indonesia hanya tumbuh 2,97%, jauh lebih rendah ketimbang kuartal I 2019 sebesar 5,07%. (OL-4)

Baca Juga

Istimewa

Penerapan Industri Hijau dan Circular Economy Naikkan Daya Saing

👤Haryanto 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 22:35 WIB
PENINGKATAN produktivitas dan daya saing sektor industri manufaktur merupakan salah satu kunci untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi...
Dok.BCA

BCA Raih 33 Award di Contact Center World - Asia Pasifik 2020

👤Heryadi 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 21:22 WIB
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berhasil membuktikan layanan yang prima dengan membawa pulang 33 penghargaan dalam beberapa kategori ajang...
Dok. Istimewa

30 Pelaku Usaha Ikuti Pelatihan Intensif #SampoernaUntukUMKM

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 19:47 WIB
UMKM yang merupakan kunci kemandirian ekonomi kerakyatan, utamanya di masa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya