Senin 02 Desember 2019, 06:40 WIB

Web Crawling Perlu Diatur UU

(RO/E-3) | Ekonomi
Web Crawling Perlu Diatur UU

istimewa
Justisiari P Kusumah, Ketua Masyarakat Indonesia Anti-Pemalsuan (MIAP) dalam disertasi Program Doktoral Hukum

 

Pemerintah didoronguntuk membentuk sebuah undang-undang atau peraturan pemerintah yang secara khusus mengatur pengoperasianweb crawlingatauweb scrapingdi Indonesia. Pengaturan itu penting mengingat praktik itu dapat menimbulkan kerugian jika dikaitkan dengan hak cipta, persaingan usaha, dan kerahasiaan data pribadi.

Kegiatanweb crawlingini ialah kegiatan untuk mengindeks/informasi yang terdapat dalam berbagai halaman situs. Nama lain untukweb crawlialahweb spider, web robot, crawl,danautomatic indexer. Di sisi lain, web scraping ialah kegiatan pengekstrakan secara otomatis atas data yang terdapat dalam berbagai halaman situs.

Adanya kegiatanweb crawlingdanweb scrapingdalam praktiknya telah menyebabkan situs jaringan sosial, seperti Facebook dan LinkedIn menerapkan aturan tertentu terkait kegiatan pengumpulan data secara otomatis yang menggunakantoolstersebut.

"Hal ini mengindikasikan adanya potensi pelanggaran hak-hak yang dimiliki oleh pengelola situs karena adanya tindakancrawlingdanscraping, yang salah satunya dan paling relevan ialah terkait hak cipta," ungkap Justisiari P Kusumah, Ketua Masyarakat Indonesia Anti-Pemalsuan (MIAP) dalam disertasi Program Doktoral Hukum dengan TemaAspek-Aspek Hukum Hak Cipta dalam Tindakan Web Crawling/Web Scraping Pada Kegiatan Ekonomi yang Berbasis Digital di Universitas Pelita Harapan, Lippo Karawaci, Tangerang, Sabtu (30/11).

Justisiari mengatakan pengoperasian web crawling atau web scraping berpotensi mengganggu dan menimbulkan permasalahan hukum dan dampak ekonomi pemilik ciptaan. Perbandingan dengan praktik di negara lain diperlukan untuk dapat memberi masukan dan pertimbangan terhadap permasalahan di Indonesia dengan mempertimbangkan sistem hukum yang dipakai. (RO/E-3)

Baca Juga

Antara/Maulana Surya

BKPM: Agar Naik Kelas, UMKM Perlu Bermitra

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 17 Januari 2021, 16:33 WIB
BKPM siap memfasilitasi kerja sama antara pengusaha skala besar dan pelaku UMKM. Kemitraan juga akan memberikan multiplier effects kepada...
Antara/Aprillio Akbar

Cegah Kecelakaan Pesawat, AP II dan AirNav Perkuat Koordinasi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 17 Januari 2021, 16:12 WIB
Kedua perusahaan berupaya memastikan keamanan pergerakan pesawat selama di bandara. Kolaborasi AP II dan AirNav diwujudkan melalui konsep...
Antara/Sigid Kurniawan

Hoaks, Pembukaan Pendaftaran Gelombang XII Kartu Prakerja

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 17 Januari 2021, 15:19 WIB
Masyarakat diimbau untuk berhati-hati dan tidak memberikan informasi pribadi ke dalam situs yang bukan milik manajemen pelaksana. Adapun...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya