Sabtu 22 Juni 2019, 00:45 WIB

Tarif Pesawat Jangan Asal Turun, Ada Rambunya

Pra/E-2 | Ekonomi
Tarif Pesawat Jangan Asal Turun, Ada Rambunya

ANTARA FOTO/ Wahyu Putro A
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

 

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meminta penurunan tiket pesawat berbiaya murah (low cost carrier/LCC) harus memperhatikan struktur biaya operasional maskapai. Hal tersebut juga berlaku bagi Citilink sebagai anak usaha Garuda Indonesia yang masuk kategori LCC.

"Jadi, hitungan mau 50% turunnya, atau 30%, tolong dihitung cost struktur kita seperti apa," kata Rini di Kementerian BUMN, Jakarta, kemarin.

Hal itu disampaikannya menanggapi hasil rapat koordinasi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kementerian BUMN, maskapai, serta pengelola bandara, yang sepakat untuk menurunkan tarif pesawat mulai pekan depan.

Rini mengatakan, penurunan tarif penerbangan tersebut ju-ga hendaknya memperhatikan biaya perawatan, jaminan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan penumpang.

Di kesempatan terpisah, Lion Group memastikan akan mengikuti instruksi pemerintah untuk segera menurunkan harga tiket pesawat terbang pada jaringan domestik kategori maskapai LCC.

Corporate Communications Strategic Lion Group Danang Mandara Prihantoro mengungkapkan, untuk saat ini, upaya yang dilakukan ialah dengan memberikan potongan harga hingga maksimal 50% untuk rute-rute dan waktu-waktu tertentu.

Beberapa rute yang mendapatkan potongan harga ialah Jakarta-Semarang, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Medan, Jakarta-Makassar, dan Jakarta-Jayapura.

Namun, harga setelah potongan 50% itu belum terma-suk tarif bagasi, pelayanan jasa penumpang udara (passenger service charges/PSC), pajak pertambahan nilai (PPN), dan biaya asuransi (Iuran Wajib Jasa Raharja/IWJR).

Maskapai lainnya, AirAsia, mengaku tidak keberatan dengan keputusan pemerintah yang menghendaki penurunan harga tiket angkutan udara.

Chief Executive Officer AirAsia Dendy Kurniawan menyebut, selama ini pihaknya telah menyediakan jasa penerbangan dengan harga yang sangat kompetitif dan tetap mengedepankan keamanan dan keselamatan penumpang. "Harga kami sudah sangat ter-jangkau ke berbagai rute. Kalau promo, malah selalu ada," tutur Dendy. (Pra/E-2)

Baca Juga

Ist/DPR

DPR dan Pemerintah Sepakati Realisasi Defisit APBN Tahun 2022 di Angka 4,5%

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 11:52 WIB
Banggar DPR RI bersama pemerintah menyepakati realisasi defisit sampai dengan akhir tahun 2022 diperkirakan mencapai angka...
Ist/Kementan

Kementan dan ICMI Bogor Gelar Pelatihan Pertanian Geo Ekonomi Hijau

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 11:03 WIB
Kementan berkolaborasi dengan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwilsus Bogor menggelar pelatihan pertanian Geo Ekonomi...
ANTARA

Pemerintah Cari Keseimbangan Pengendalian Minyak Goreng

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 10:21 WIB
"Saat ini harga minyak goreng telah mencapai Rp14.000 per liter di Jawa-Bali, sehingga kebijakan di sisi hulu dapat kita mulai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya