Jumat 15 Maret 2019, 15:45 WIB

Ekspor Minyak Sawit Melemah

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Ekspor Minyak Sawit Melemah

ANTARA

 

EKSPOR minyak kelapa sawit pada Februari mengalami pelemahan dari bulan sebelumnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekspor komoditas utama itu pada bulan kedua di 2019 sebesar 1,19 juta ton, turun 15% dari Januari yang mencapai 1,41 juta ton.

"Penurunan terjadi karena berkurangnya permintaan dari India. Selain itu, negara-negara Eropa seperti Belanda, Spanyol, dan Italia juga mengurangi impor mereka," ujar Kepala BPS Suhariyanto di kantornya, Jakarta, Jumat (15/3).

Pelemahan ekspor sawit dikhawatirkan akan terus berlangsung ke depan. Pasalnya, Uni Eropa tiada henti melakukan upaya pelarangan penggunaan minyak nabati berbasis kelapa sawit di Benua Biru.

Yang teranyar, Rabu (13/3) lalu, Komisi Uni Eropa menentukan kriteria baru penggunaan minyak nabati untuk bahan baku produksi biodiesel.

Baca juga: Produk Tembakau Alternatif Perlu Dapat Perhatian

Dalam aturan baru itu, minyak sawit dikategorikan sebagai komoditas yang tidak berkelanjutan lantaran dianggap mengakibatkan deforestasi berlebihan.

Dengan demikian, minyak sawit tidak diizinkan digunakan sebagai komponen bahan baku.

Kriteria tersebut disusun dalam rangka pembentukan undang-undang Renewable Energy Directive II (RED II) untuk meningkatkan pemanfaatan energi terbarukan menjadi 32 persen pada tahun 2030.

Pemerintah dan Parlemen Uni Eropa memiliki waktu dua bulan untuk memutuskan apakah akan menerima atau memveto keputusan Komisi.

Ketentuan baru itu jelas mengancam industri minyak sawit Tanah Air. Komoditas tersebut menyumbang 12,9% dari total ekspor nonmigas.

Bila ditinjau dari total ekspor secara keseluruhan, kontribusi minyak sawit terhadap ekspor dua bulan pertama 2019 mencapai 11,14%. (OL-2)

Baca Juga

Ist

Sampoerna Mobile Banking Ajak Generasi Muda Bijak Kelola Keuangan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 27 Januari 2022, 18:08 WIB
Di Indonesia sendiri, generasi milenial dan gen Z dikatakan memiliki kemampuan manajemen keuangan yang payah akibat gaya hidup yang...
MI/Ramdani

Festival PeSoNa Kopi Agroforestry 2022 Dapat Animo Besar

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 27 Januari 2022, 18:07 WIB
FESTIVAL PeSoNa Kopi Agroforestry 2022 yang dilaksanakan mulai 25-27 Januari di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, resmi...
MI/ANDRI WIDIANTO

Kemendag Berlakukan DMO dan DPO untuk Minyak Goreng

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 27 Januari 2022, 17:36 WIB
Nantinya eksportir yang akan mengekspor wajib memasok minyak goreng ke dalam negeri sebesar 20%, dari volume ekspor masing-masing...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya