Kamis 14 Maret 2019, 19:46 WIB

Chatib Basri Sebut Indonesia Wajar Alami CAD

Atalya Puspa | Ekonomi
Chatib Basri Sebut Indonesia Wajar Alami CAD

ANTARA

 

MANTAN Menteri Keuangan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Chatib Basri menyatakan neraca perdagangan yang mengalami defisit (current account deficit/CAD) bukan sebuah masalah bagi Indonesia. Ia menilai itu merupakan hal lumrah bagi negara berkembang.

"Di sebuah negara yang masih tahap awal, itu sangat normal mengalami defisit. Maka kita harus impor," kata Chatib di Gedung Bursa Efek Indonesia, Kamis (14/3).

Chatib menerangkan, sebagai negara yang masih banyak melakukan pembangunan, sangat wajar apabila mengimpor bahan baku dan mesin. Sebab Indonesia belum memiliki modal untuk menghasilkan bahan baku secara mandiri.

Baca juga: Tahun Ini, BI Targetkan CAD Capai 2,5 Persen

Dirinya memberikan contoh, Singapura pernah mengalami CAD sebesar 10%, dan Tiongkok sebesar 12%. Untuk itu, dirinya menilai Indonesia sebaiknya fokus menjaga stabilisasi ekonomi tanpa mengurangi impor.

"Isunya bukan di CAD. Tapi kita harus cari cara bagaimana dengan CAD besar tapi perkembangan ekonomi stabil," ucapnya.(OL-5)

Baca Juga

Ist

Menparekraf: Bangkitkan Ekonomi Bangsa Melalui Usaha Kreatif

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 18:52 WIB
Menurut Sandiaga Uno, para pelaku ekonomi kreatif sektor kuliner telah menunjukkan perkembangan cukup baik khususnya dari...
ANTARA/AHMAD SUBAIDI

Pendapatan Anjlok, Angkasa Pura I Tunggak Gaji Karyawan

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 08 Desember 2021, 18:50 WIB
"Dalam proses perjalanannya kita melakukan penundaan pembayaran beberapa tunjangan yang seharusnya menjadi hak-hak karyawan, termasuk...
MI/INSI NANTIKA JELITA/tangkapan layar

Sibuk Benahi 10 Bandara, Utang AP I ke Kreditur Capai Rp28 T

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 08 Desember 2021, 18:19 WIB
Utang kepada kreditur dan investor itu sampai dengan November 2021 sebesar Rp28 triliun. Jadi bukan Rp35 triliun. Kenapa utangnya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya