Jumat 01 Maret 2019, 19:08 WIB

Turunnya Harga Daging dan Sayur Picu Deflasi di Sulsel

Lina Herlina | Ekonomi
Turunnya Harga Daging dan Sayur Picu Deflasi di Sulsel

ANTARA FOTO/Rahmad

 

BADAN Pusat Statistik (BPS) mencatat pergerakan deflasi 0,19% di Sulawesi Selatan (Sulsel) pada bulan lalu.

Deflasi disebabkan turunnya harga pada dua kelompok pengeluaran masyarakat, yaitu kelompok bahan makanan serta kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Sulsel, Akmal mengatakan, indeks harga konsumen di Februari berkebalikan dengan periode sama pada dua tahun sebelumnya. Pada Februari 2018 Sulsel mengalami inflasi 0,23%, dan di Februari 2017 inflasi sebesar 0,75%.

“Pada periode tahun kalender, atau Januari hingga Februari 2019, di Sulsel tercatat inflasi 0,35%, lebih rendah dibandingkan dua tahun sebelumnya,” kata Akmal di Makassar, Jumat (1/3).

BPS menghitung deflasi berdasarkan hasil survei harga konsumen di pasar tradisional dan modern, pada lima kota di Sulsel. Deflasi didukung oleh karena turunnya harga pada dua kelompok pengeluaran, yakni -1,00% pada pengeluaran bahan makanan, dan -0,43% di kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan.

Baca juga: Februari Terjadi Deflasi, Darmin Sebut Ada Peranan Pemerintah

Pada saat yang sama, lima kelompok pengeluaran mengalami peningkatan harga. Masing-masing, kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,49%, kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,26%, kelompok sandang sebesar 0,11%, kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,09%, serta kelompok kesehatan sebesar 0,03%.

Berdasarkan perhitungan yang sama, BPS memantau harga pada 11 kelompok makanan. Pada Februari 2019, tercatat lima kelompok yang memberi andil deflasi. Kelompok daging menjadi menyumbang deflasi terbesar, yaitu 3,6%.

Berikutnya, sayur-sayuran terpantau bergerak pada deflasi 2,98%, kacang-kacangan sebesar 0,35%, buah-buahan 2,91%, serta bumbu-bumbuan sebesar 3,84%.

“Komoditas yang memberikan andil tertinggi terhadap deflasi Sulsel, antara lain tomat, daging ayam ras, bandeng, cabe, bawang merah, pisang, dan telur ayam ras,” ucap Akmal. (LN)

Baca Juga

Antara

Mendag Klaim Harga Minyak Goreng Curah Sudah Rp14 Ribu per Liter

👤M. Ilham Ramadhan Avisena/Andhika prasetyo 🕔Senin 04 Juli 2022, 23:39 WIB
Kendati demikian, pemerintah tetap menyalurkan minyak goreng curah murah kepada masyarakat di sejumlah wilayah...
Dok. Pribadi

Program Juragan Lele Sandiaga Uno Berhasil Dorong Warga Buka Usaha

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 23:08 WIB
“Lewat program Juragan Lele Budidaya ikan dalam ember (Budikdamber), salah satu warga Pesanggrahan berhasil menciptakan peluang...
AFP/Rami al Sayed.

Kapal Tanker Minyak Iran Ketiga Tiba di Suriah

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 22:35 WIB
Perjanjian tersebut telah terbukti penting bagi kedua negara. Maklum, ekonomi mereka berjuang di bawah sanksi Barat yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya