Kamis 21 Februari 2019, 23:35 WIB

Percepat Cisumdawu untuk Dukung Kertajati

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Percepat Cisumdawu untuk Dukung Kertajati

. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/pd.

 

PEMERINTAH menargetkan pembangunan seksi I dan II jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi I dan II sepanjang 28,5 km dapat selesai pada akhir 2019.

Sementara, empat seksi sisanya diproyeksikan rampung pada akhir 2020.

Percepatan pembangunan Cisumdawu dilaksanakan guna mendukung Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, yang sudah mulai beroperasi dan siap menjadi pusat transportasi udara menggantikan Husein Sastranegara di Bandung.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Sugiyartanto optimistis, ketika tol yang menyambungkan Cikopo-Palimanan (Cipali) dengan Kertajati itu rampung, bandara baru tersebut akan menjadi sangat padat.

"Kalau tol itu selesai, distribusi pengguna udara tidak hanya terpusat di Jakarta atau Bandung, tapi juga Kertajati," ujar Sugiyartanto di kantornya, Jakarta, Kamis (21/2).

Baca juga: Asa Kang Emil Ramaikan Bandara Kertajati

Terkait pembangunan bandara yang selesai lebih cepat dibandingkan akses jalan, Sugi demikian sapaan akrabnya, mengatakan hal itu sengaja dilakukan lantaran memperhatikan peningkatan aspek biaya dari tahun ke tahun.

"Kalau dibangun terlambat, nanti biaya pembangunan bandara bisa membengkak. Jadi kita bangun, selesaikan secepatnya," tutur Sugi.

Tol Cisumdawu terdiri atas enam seksi dengan total panjang 61,6 kilometer (km).

Dua seksi awal yang terbentang dari Cileunyi hingga Sumedang dibiayai APBN dan pinjaman dari Pemerintah China sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelaikan investasi tol.

Sementara Seksi III sampai VI sepanjang 32,6 km dikerjakan oleh badan usaha jalan tol (BUJT)

Selain sebagai akses ke Bandara Kertajati, Jalan tol Cisumdawu juga akan meningkatkan mobilitas barang dan jasa dari selatan ke utara Jawa Barat karena menghubungkan Tol Purbaleunyi dengan Tol Cipali. (OL-7)

Baca Juga

Dok.MI/ROMMY PUJIANTO

Penyaluran Kredit Baru pada Desember 2021 Diindikasi Melambat

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 19 Januari 2022, 12:24 WIB
Penyaluran kredit baru pada Desember 2021 diindikasi melambat dibandingkan November...
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

Harga CPO Diperkirakan Masih Akan Naik Tahun Ini

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 19 Januari 2022, 12:13 WIB
Tingginya konsumsi minyak dari dalam negeri yang tidak disertai dengan kenaikan volume produksi, memicu adanya potensi kenaikan impor sawit...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Gandeng Universitas, Kemenkop UKM Cetak Wirausaha Buka Lapangan Kerja

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 19 Januari 2022, 11:19 WIB
Teten Masduki mengatakan bahwa saat ini Indonesia perlu menyiapkan wirausahawan muda yang memiliki pendidikan tinggi dan berasal dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya