Jumat 15 Februari 2019, 15:35 WIB

Pertamina Tekan Impor Migas

Cahya Mulyana | Ekonomi
Pertamina Tekan Impor Migas

ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA

 

PT Pertamina (persero) terus membantu pemerintah mengatasi defisit neraca perdagangan dengan mengurangi impor minyak. Caranya hasil produksi minyak mentah diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik.

"Pertamina akan mengupayakan menyerap semaksimal mungkin minyak mentah bagian KKKS (kontraktor kontrak kerja sama) untuk memenuhi kebutuhan kilang dalam negeri sehingga dapat mengurangi impor minyak mentah," kata Media Communication Manajer PT Pertamina (persero) Arya Dwi Paramita, kepada Media Indonesia, Jumat (15/2).

Menurut dia, Pertamina menghormati dan melaksanakan regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dengan terbitnya Permen ESDM Nomor 42 Tahun 2018 tentang Prioritas Pemanfaatan Minyak Bumi untuk Pemenuhan Kebutuhan Dalam Negeri, minyak mentah bagian KKKS diprioritaskan untuk dijual ke Pertamina dan diolah di kilang minyak dalam negeri.

 

Baca juga:Kebijakan B20 Mulai Berimbas ke Neraca Dagang

 

Arya menjelaskan, sejak berlakunya Permen ESDM ini pada 5 September 2018 selain dengan PT CPI, Pertamina juga telah melakukan kesepakatan dengan KKKS lainnya seperti RH Petrogas Limited, PT SPR Langgak, PetroChina International Jabung Ltd, PT Bumi Siak Pusako, SAKA Pangkah Indonesia Ltd, PT Energi Mega Persada Tonga, Petronas Carigali Ketapang I Ltd, Husky CNOOC Madura Ltd dan PT Energi Mega Persada Tbk.

"Seluruh upaya ini diharapkan dapat mengurangi import minyak mentah dan kondensat sekitar 115.000 barrel per hari dan diharapkan dapat mengurangi pembelian impor menjadi sekitar 250.000 barrel per hari," terangnya. 

Kebijakan pemerintah tersebut dapat memprioritaskan penggunaan minyak mentah yang dihasilkan di dalam negeri untuk diolah di kilang dalam negeri sangat penting sebagai upaya untuk memenuhi ketahanan energi nasional. 

"Pertamina mengucapkan terima kasih kepada seluruh KKKS atas tercapainya kesepakatan ini. Hubungan dan kerja sama B to B antar kedua belah pihak diharapkan semakin erat," pungkasnya. (OL-3)

Baca Juga

Antara/Ismar Patrizki

Tok! Pengadilan Telah Putuskan, Kubu Penolak Nurdin Disarankan Gabung ke Dekopin 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 10:08 WIB
Dekopin secara tegas mendukung Langkah-langkah pemerintah dalam memperbaiki pertumbuhan...
Ist/Kementan

Kementan Sepakati Kerja Sama Produk Pertanian

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 08:40 WIB
Kementan berhasil menjalin kesepakatan kerja sama produk pertanian melalui agenda One Day with Indonesian Coffee, Fruits, and...
AFP

Wall Street Melorot Terdorong Varian Omicron

👤Muhamad Fauzi 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 07:38 WIB
WALL Street lebih rendah pada akhir perdagangan Jumat atau Sabtu pagi WIB (4/12), dengan Nasdaq memimpin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya