Sabtu 10 Desember 2022, 11:20 WIB

Film Horor Anak Titipan Setan Siap Tayang Awal 2023

Fathurrozak | Weekend
Film Horor Anak Titipan Setan Siap Tayang Awal 2023

Dok. Jaman Studio
Poster film Anak Titipan Setan

 

Film Anak Titipan Setan menjalani proses syuting selama 17 hari di Yogyakarta dan akan tayang di bioskop seluruh Indonesia mulai 12 Januari 2023. Anak Titipan Setan menjadi film horor pertama yang diproduksi Jaman Studio dan film kedua yang diproduksi setelah film Dear Imamku yang rilis pada 2021.

Selain Gisella Anastasia dan Ingrid Widjanarko, Anak Titipan Setan juga dibintangi Annisa Hertami, Ibnu Gundul, Soeyik, Nano Asmorodono dan memperkenalkan pemain cilik Gabriel Bivolaru.

“Jaman Studio tertarik untuk memproduksi film Anak Titipan Setan karena cerita urban horror yang mengangkat pesugihan Jaran Penoleh yang merupakan genre horor dan penokohan yang berbeda. Yang menarik dari film Anak Titipan Setan adalah munculnya sosok-sosok mistis baru pertama yang digambarkan dalam film,” kata Eksekutif Produser Jaman Studio, Soemijato Muin, dalam siaran pers, Jumat, (9/12).

Jaman Studio memproduksi film berjudul Anak Titipan Setan bersama dengan PFN (Perum Produksi Film Negara). Film Anak Titipan Setan bercerita tentang Putri (Gisella Anastasia) yang harus kembali ke desanya dari Australia karena keluarganya di desa Meloyo Kidul, Surakarta, karena sedang terkena masalah besar. Ibu Putri, Eyang Susana (Ingrid Widjanarko), memaksa Putri pulang membawa anak laki-lakinya, yang diyakini bisa jadi solusi dari masalah yang dihadapi.

Masalah yang mengancam keselamatan seluruh keluarga itu berawal ketika Eyang Susana ikut ritual pesugihan dan mengikat perjanjian dengan iblis Jaran Penoleh. Bagaimana Putri mengungkap misteri keluarga dan menyelesaikan perjanjian dengan Jaran Penoleh menjadi gagasan utama film ini.

Secara historis, ritual pesugihan adalah hal yang lazim dilakukan masyarakat di Jawa era 80 dan 90-an, bahkan sampai sekarang. Ritual pesugihan ini yang menjadi latar belakang film Anak Titipan Setan.

“Pendekatan artistik, baik dari pengaturan properti film juga efek visual menjadi konstruksi utama dalam membangun suspense. Penonton akan merasakan ketakutan sekaligus melihat keindahan dari visual yang kami buat. Beautifully scary konsepnya. Saya tidak mengandalkan teknik jumpscare untuk meneror penonton,” jelas produser dan sutradara Anak Titipan Setan, Erwin Arnada.

Erwin sebelumnya memproduseri film di antaranya Jelangkung (2001), Tusuk Jelangkung (2022), 30 Hari Mencari Cinta (2004), dan Catatan Akhir Sekolah (2005).

Sementara itu, perolehan penonton film di bioskop pasca pandemi covid-19 pada tahun ini bisa disebut cukup melegakan. Pasalnya, saat ini sudah tercatat 50 juta penonton dan angka ini mendekati perolehan penonton film sepanjang 2019. Angka ini diprediksi akan terus bertambah dan melampaui rekor penonton film Indonesia pada 2019.

Menariknya, angka penonton ini banyak disumbang oleh film bergenre horor. Menurut filmindonesia.or.id, dari 15 film dengan raihan penonton tertinggi, sembilan di antaranya adalah film dengan genre horor. Hal itu disebut menjadi alasan PFN mau ikut membiayai produksi film genre horor, salah satunya Anak Titipan Setan.

(M-4)

Baca Juga

Instagram @__youngbae__

Taeyang Jadi Duta Merek Givenchy

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 29 Januari 2023, 09:45 WIB
"Saya sungguh bersyukur dapat memulai bagian dari hidup saya ini bersama Givenchy. Ini sungguh sangat berarti untuk...
MI/Tiyok

Jon Bodo: Kesambet

👤Tiyok 🕔Minggu 29 Januari 2023, 05:55 WIB
JON katanya kalo orang kesambet itu kerasukan mahluk halus...
Butet K

Bung Sentil: Kesambet Iblis

👤Butet K 🕔Minggu 29 Januari 2023, 05:35 WIB
BUNG ati-ati lho...Kalau ngoceh di medsos. Bisa kena pasal pidana..trus nanti mewek-mewek pasang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya