Selasa 15 November 2022, 14:25 WIB

Kebiasaan Bangun di Pagi Hari Dapat Meningkatkan Kemampuan Verbal

Nike Amelia Sari | Weekend
Kebiasaan Bangun di Pagi Hari Dapat Meningkatkan Kemampuan Verbal

123RF
Berbeda dari riset terdahulu, riset terkini mendapati peningkatan kemampuan verbal pada orang-orang yang rutin bangun di pagi hari.

 

Sebuah studi baru tentang bagaimana kronotipe pagi vs malam berhubungan dengan kecerdasan manusia memberi petunjuk baru mengapa begitu banyak sastrawan hebat mengembangkan rutinitas harian yang mencakup menulis hal pertama di pagi hari.  Studi ini dipimpin oleh Stuart Fogel, seorang ahli saraf kognitif dan direktur Laboratorium Penelitian Tidur Universitas Ottawa. Temuan mereka baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal peer-review Current Research in Behavioral Sciences.

Penelitian itu menanggapi penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa orang-orang dengan orientasi malam hari (night owls) cenderung memiliki kecerdasan verbal yang lebih unggul dibandingkan dengan mereka yang tidur lebih awal.

"Sekali Anda memperhitungkan faktor-faktor kunci termasuk waktu tidur dan usia, kami menemukan kebalikannya yang benar, tipe pagi cenderung memiliki kemampuan verbal yang unggul," kata Fogel, seperti dilansir dari situs Psychology Today, Minggu (13/11).

Tim Fogel mencatat bahwa hubungan antara kronotipe seseorang dan kemampuan verbal itu rumit dan mengatakan, "Membangun kekuatan ritme seseorang, yang mendorong kecerdasan, adalah kunci untuk memahami hasil studi bernuansa ini."  Dia juga mencatat bahwa
otak kita sangat membutuhkan keteraturan.

Lebih lanjut, dia mencatat, mengikuti jadwal harian yang konsisten dan pembentukan kebiasaan yang menstabilkan siklus tidur/bangun adalah cara terbaik untuk mengoptimalkan ritme sirkadian kita sendiri.

Para penulis mencatat bahwa seiring bertambahnya usia, kronotipe pagi cenderung mengembangkan rutinitas harian yang konsisten yang mengarah pada stabilitas antar-harian yang lebih tinggi dan memperkuat sinkronisasi sirkadian.  Mereka berspekulasi bahwa kombinasi stabilitas harian dan sinkronisasi sirkadian yang kuat meningkatkan keterampilan verbal.

"Temuan kami menunjukkan bahwa orang dengan kronotipe pagi yang lebih awal memiliki stabilitas harian yang lebih tinggi. Artinya, tipe pagi menunjukkan sinkronisasi hari-ke-hari yang lebih kuat dari siklus tidur/bangun mereka daripada tipe malam. Begitu perbedaan usia dan waktu tidur dikendalikan, kemampuan verbal yang lebih tinggi dikaitkan dengan pagi hari (bukan malam hari)," para penulis studi menyimpulkan. (PsychologyToday.com/M-2)

Baca Juga

Dok. AFP/TIMOTHY A. CLARY//GETTY IMAGES/JULIAN FINNEY

Serena Williams Mengaku Kesepian Akut Selama jadi Atlet

👤Putri Rosmalia 🕔Rabu 30 November 2022, 10:56 WIB
Mantan petenis nasional AS, Serena Williams, mengaku merasa kesepian akut selama berkarier sebagai atlet...
unsplash.com/Elsa Donald

Hati-hati, Kebiasaan Menghisap Rokok Elektrik dapat Memicu Gigi Berlubang

👤Nike Amelia Sari 🕔Rabu 30 November 2022, 09:15 WIB
Sekitar 9,1 juta orang dewasa di Amerika dan dua juta remaja menggunakan produk vaping berbasis...
A-Sha/Tasting Table

'Crazy Rich Ramen' ini Dibanderol Rp3,1 Juta Seporsi

👤Devi Harahap 🕔Rabu 30 November 2022, 08:51 WIB
Seperti dilansir dari Tasting Table, Ramen termahal di dunia itu dijual dalam satu set yang berisikan 8 porsi mi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya