Rabu 26 Oktober 2022, 11:45 WIB

Dokter Gigi Sebut Sebaiknya Kumur Sekali Saja Setelah Sikat Gigi

Basuki Eka Purnama | Weekend
Dokter Gigi Sebut Sebaiknya Kumur Sekali Saja Setelah Sikat Gigi

ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Siswa mengikuti kegiatan sikat gigi massal dalam peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional di SDN Tanjungrejo 5, Mergan, Malang, Jawa Timur.

 

DOKTER gigi Rosdiana Nurul Annisa dari RS Pelni, yang merupakan rumah sakit milik BUMN pelayaran PT Pelni (Persero), menganjurkan untuk berkumur sekali saja setelah menyikat gigi di tengah anggapan yang beredar mengenai tidak perlu berkumur setelah gosok gigi.

"Berdasarkan jurnal dan penelitian, tidak ada perbedaan yang signifikan antara berkumur sekali setelah sikat gigi dan tidak berkumur setelah sikat gigi," kata dokter yang menyelesaikan pendidikan spesialis konservasi gigi di Universitas Indonesia itu, dikutip Rabu (26/10).

Oleh karena itu, dia menganjurkan masyarakat untuk tetap berkumur sekali saja setelah menyikat gigi.

Baca juga: Dokter Ingatkan Agar Segera Sikat Gigi Setelah Makan

Hal senada dikemukakan dokter gigi spesialis konservasi Dewi Isroyati dari Universitas Indonesia. 

Dewi mengatakan berkumur tetap perlu setelah menyikat gigi karena kandungan pasta gigi di Indonesia tidak murni berisi flouride.

"Yang lebih penting adalah waktu sikat gigi, teknik sikat gigi yang benar, dan kontrol ke dokter gigi enam bulan sekali," katanya.

Sikatlah gigi dengan sikat gigi berbulu halus dan bagian kepala sikat yang tidak terlalu besar bisa menjangkau seluruh gigi dengan durasi minimal dua menit. Bersihkan juga sela-sela gigi dengan benang gigi untuk menghilangkan makanan yang terselip.

Bukan cuma soal waktu menyikat, tekanan saat menyikat gigi juga harus diperhatikan. Tekanan yang berlebihan dapat menimbulkan masalah abrasi gigi.

Cairan untuk berkumur nonalkohol boleh dipakai setelah menyikat gigi, namun frekuensi pemakaian cukup sekali sehari.

Dia mengingatkan masyarakat untuk rutin mengontrol kondisi gigi dan mulutnya setidaknya enam bulan sekali untuk mengecek apakah ada keluhan di rongga gigi.

Selain itu, harus ada jeda dari waktu makan dan menyikat gigi, setidaknya 30 menit, agar kandungan asam yang berasal dari glukosa sudah menurun.

Bila menyikat gigi dilakukan persis setelah makan, kandungan asam dalam rongga mulut masih banyak dan justru akan menyebarkan asam ke seluruh gigi akibat disikat. Itulah mengapa, waktu terbaik menyikat gigi adalah ketika kandungan asam sudah menurun.

Selain setelah sarapan, sikat juga gigi sebelum tidur karena sisa asam yang tidak dibersihkan juga bisa berakibat buruk bagi gigi (Ant/OL-1)

Baca Juga

MI/Nike Amelia Sari

Mengenang Gregory Churchill, Pakar Hukum yang Jatuh Cinta pada Wayang

👤Nike Amelia Sari 🕔Senin 05 Desember 2022, 15:00 WIB
Gregory Churchill, seorang ahli hukum yang juga kolektor wayang Indonesia, asal Amerika...
MI/Tiyok

Jon Bodo: Reuni

👤Tiyok 🕔Minggu 04 Desember 2022, 05:55 WIB
MAU kemana...
FOTO: DOK YAHYA ANDI SAPUTRA

Permainan Tradisional Anak Betawi

👤Yahya Andi Saputra 🕔Minggu 04 Desember 2022, 05:45 WIB
WAK-WAK kung nasinye nasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya