Selasa 04 Oktober 2022, 14:26 WIB

Kerangka T. Rex akan Dilelang Senilai Rp382 Miliar

Devi Harahap | Weekend
Kerangka T. Rex akan Dilelang Senilai Rp382 Miliar

Instagram @christiesinc
Kerangka T. Rex bernama Shen yang akan dilelang pada November 2022 di Hongkong

 

Kerangka fosil Tyrannosaurus Rex atau yang dikenal dengan T. Rex bernama Shen akan dilelang dengan harga yang diperkirakan bisa mencapai Rp382 miliar. Pelelangan Shen direncanakan akan dihelat bulan November mendatang di Pusat Konvensi dan Pameran Hong Kong.

Dilansir dari Love Science pada Minggu, (2/10), Shen merupakan T. Rex yang fosilnya pertama kali ditemukan di negara bagian Montana di Amerika Serikat (AS) dua tahun lalu. Shen memiliki berat 1.400 kilogram, dengan tinggi hampir 5 meter, panjang 12,2 meter dan lebar 2,1 meter.

Menjelang acara, perusahaan lelang Christie's, yang bertanggung jawab untuk menjual kerangka itu, akan membawa kerangka binatang pra sejarah itu ke Victoria Theatre dan Concert Hall, Singapura. Di sana fosil Shen akan dipajang untuk pameran singkat dari 28 hingga 30 Oktober sebelum dikirim ke Hong Kong untuk dilelang.

Kabar lelang fosil dinosaurus pertama di Asia itu menjadi perhatian para ilmuwan dunia. Salah satunya karena pelelangan fosil dianggap sebagai hal yang dapat membatasi dan mencederai ilmu pengetahuan di masa yang akan datang.

Ahli Paleontologi Vertebrata dan Profesor Biologi di Carthage College di Wisconsin, AS, Thomas Carr, mengungkapkan setiap spesimen T. Rex berharga karena masing-masing bisa menjelaskan evolusi dan unsur biologis dinosaurus langka. Jika Shen dijual ke tangan pribadi, bukan ke museum, sulit bagi ahli paleontologi untuk mempelajarinya.

Carr mengatakan sains membutuhkan replikasi. Adanya kolektor pribadi yang berpotensi menarik Shen dari dunia sains akan menggangu para ilmuwan untuk meneliti, memelajari, dan mereplikasinya untuk kepentingan ilmu pengetahuan.

"Setelah pelelangan, kerangka T. Rex Shen mungkin akan sulit untuk dipelajari lebih lanjut dan hilang begitu saja dari muka bumi," kata Carr.

Selama bertahun-tahun lamanua, penolakan atas lelang fosil binatang langka terus dilakukan ilmuwan dari banyak negara. Namun, upaya tersebut sampai sekarang masih selalu menemukan jalan buntu.

Lelang Shen hanyalah satu di antara sejumlah lelang yang dilakukan atas fosil spesimen dinosaurus belakangan ini. Termasuk T. Rex Stan yang pada 2020 lalu berhasil terjual dengan harga sekitar Rp434 miliar dengan sistem lelang di New York.

Pihak penyelenggara lelang mengatakan T. Rex Shen diperkirakan tidak akan mendapatkan harga lelang setinggi T. Rex Stan. Namun diharapkan bisa mendapatkan harga yang lebih tinggi daripada T. Rex Sue yang dijual pada tahun 1997 senilai sekitar Rp33 miliar. (M-4)

 

Baca Juga

ANTARA/Lia Wanadriani Santosa

Chef Juna dan Renatta Buka Restoran Antarasa

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 09 Desember 2022, 12:45 WIB
Menu-menu yang disajikan di restoran itu mengambil filosofi from screen to plate dan terinspirasi dari serial dokumenter Youtube...
Dok. Merz Aesthetics

Merz Aesthetics Gaet Lee Min Ho dan Jeon So Min sebagai brand ambassador Ultherapy

👤Indrastuti 🕔Jumat 09 Desember 2022, 09:37 WIB
Pilihan bekerja sama dengan bintang seperti Lee Min Ho, Kim Ha Neul dan Jeon So Min karena tren Korea sudah menjadi fenomena...
unsplash.com/Engin Akyurt

Ini Kelebihan Minyak Hazelnut Dibanding Minyak Lainnya

👤Devi Harahap 🕔Jumat 09 Desember 2022, 09:00 WIB
Hazelnut merupakan salah satu minyak termahal dan terbaik di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya