Jumat 25 November 2022, 08:25 WIB

Ilmuwan Ungkap Berat T-Rex Terbesar Mencapai 15 Ton

Devi Harahap | Weekend
Ilmuwan Ungkap Berat T-Rex Terbesar Mencapai 15 Ton

Pengunjung memotret rangka T-rex yang tengah dipamerkan di Singapura, Oktober 2022.
AFP/Roslan RAHMAN

 

Para ahli meyakini Tyrannosaurus rex (T-rex) adalah salah satu dinosaurus terbesar dan paling buas yang pernah hidup di planet ini. Tapi sebenarnya, seberapa besar dinosaurus ganas ini?

Ahli paleontologi dari Canadian Museum of Nature di Ottawa, Ontario, Kanada dalam studi terbaru yang diumumkan pada konferensi tahunan Society of Vertebrate Paleontology (SVP) di Toronto, mengemukakan T-rex terbesar amat mungkin memiliki berat hingga 15 ton.

Perkiraan itu membuatnya lebih berat daripada rata-rata bus sekolah, yang beratnya sekitar 11 ribu kilogram atau 11 ton. Saat ini, T-rex terberat yang pernah tercatat dalam penemuan ilmuwan adalah rangka spesimen yang diberi nama "Scotty" dengan berat ditaksir mencapai 8.870 kg atau 8,9 ton saat masih hidup.

"T-rex terbesar mungkin berukuran sekitar 70% lebih besar dari Scotty," kata Jordan Mallon, penulis penelitian sekaligus seorang ilmuwan dan kepala paleobiologi di Museum Alam Kanada, seperti dilansir dari Live Science pada Jum'at (18/11).

Para ilmuwan telah memberikan kesimpulan dengan melewati beberapa proses yakni pertama memeriksa catatan fosil, yang menunjukkan bahwa sekitar 2,5 miliar T-rex pernah hidup di Bumi. Namun, hanya sebagian kecil yang pernah ditemukan, memberi para ilmuwan informasi terbatas untuk diambil. Hingga saat ini hanya ada 32 rangka T-Rex yang pernah ditemukan para ilmuwan.

Bersama David Hone yang merupakan dosen senior dan wakil direktur Pendidikan di Queen Mary University of London, Mallon mengamati jumlah populasi dan rentang hidup rata-rata untuk membuat model T-rex sebesar mungkin. Mereka juga mempertimbangkan variasi ukuran tubuh berdasarkan dimorfisme seksual atau perbedaan ukuran antara jenis kelamin hewan dalam suatu spesies.

"Kami akhirnya membangun dua model - satu menunjukkan dimorfisme nol dan satu lagi dengan dimorfisme yang kuat," kata Mallon.

Jika T-rex adalah dimorfik, para peneliti memperkirakan beratnya mencapai 24.000 kg, tetapi model itu ditolak karena jika benar, mereka akan menemukan individu yang lebih besar sekarang.

Dengan menggunakan data ini, para ilmuwan dapat membuat model kurva pertumbuhan T-rex sepanjang masa hidupnya dan memperkirakan seberapa besar pertumbuhan hewan karnivora itu saat dewasa.

Namun Mallon memperingatkan bahwa sampai T-rex ditemukan yang ukurannya sebanding dengan yang ada di model, kesimpulan model tersebut murni spekulatif.

Thomas Carr selalu ahli paleontologi vertebrata dari Carthage College di Kenosha, Wisconsin yang menghadiri konferensi SVP, mengatakan bahwa masuk akal jika T-rex jauh lebih besar daripada yang ditemukan ilmuwan mana pun sejauh ini.

"T-rex benar-benar hewan yang luar biasa. Membayangkan T-rex sebesar itu luar biasa, dan menurut saya hewan sebesar itu dapat dijangkau secara statistik." (M-2)

Baca Juga

Dok. AFP/TIMOTHY A. CLARY//GETTY IMAGES/JULIAN FINNEY

Serena Williams Mengaku Kesepian Akut Selama jadi Atlet

👤Putri Rosmalia 🕔Rabu 30 November 2022, 10:56 WIB
Mantan petenis nasional AS, Serena Williams, mengaku merasa kesepian akut selama berkarier sebagai atlet...
unsplash.com/Elsa Donald

Hati-hati, Kebiasaan Menghisap Rokok Elektrik dapat Memicu Gigi Berlubang

👤Nike Amelia Sari 🕔Rabu 30 November 2022, 09:15 WIB
Sekitar 9,1 juta orang dewasa di Amerika dan dua juta remaja menggunakan produk vaping berbasis...
A-Sha/Tasting Table

'Crazy Rich Ramen' ini Dibanderol Rp3,1 Juta Seporsi

👤Devi Harahap 🕔Rabu 30 November 2022, 08:51 WIB
Seperti dilansir dari Tasting Table, Ramen termahal di dunia itu dijual dalam satu set yang berisikan 8 porsi mi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya