Selasa 20 September 2022, 09:17 WIB

Yuk, Intip Desain Interior Rumah Pascapandemi di Pameran The Colours of Indonesia 2022

Devi Harahap | Weekend
Yuk, Intip Desain Interior Rumah Pascapandemi di Pameran The Colours of Indonesia 2022

MI/Devi Harahap
Desain interior berkonsep modern

 

Para desainer interior Tanah Air yang tergabung dalam ID12 kembali menggelar pameran instalasi desain interior bertajuk The Colours of Indonesia (TCOI) Chapter V, di Mal Senayan, City, Jakarta Pusat, 19-30 September 2022.

Selama sepuluh hari, pengunjung akan disuguhkan dengan desain-desain mewah, elegan dan antik dari 12 desainer ternama, tanpa kehilangan identitas dan gaya personal dari masing-masing desainer.

Para desainer interior tersebut terdiri dari Agam Riadi, Anita Boentarman, Ary Juwono, Eko Priharseno, Joke Roos, Prasetio Budhi, Reza Wahyudi, Roland Adam, Sammy Hendramianto S., Shirley Gouw, Vivianne Faye, dan Yuni Jie.

"Saya senang bisa kembali berpameran, walaupun masing-masing dari kami cukup sibuk dan repot dengan berbagai project, tapi ketika semua orang punya visi yang sama, khususnya dari seluruh anggota id12 ini, akhirnya kita bersama-sama dan hari ini bisa terlaksana," ujar Ary Juwono selaku anggota ID12 dan Ketua Panitia TCOI Chapter V, dalam acara konferensi pers di Senayan City Mall, Jakarta, pada Senin (19/9).

Ary pun menjelaskan alasan mengenai pameran TCOI Chapter V tahun ini yang mengusung tema residensial. Hal ini lantaran semua pihak menyadari bahwa rumah menjadi sesuatu yang sangat esensial setelah pandemi menghampiri.

“Tema ini cocok untuk diperkenalkan karena sejak pandemi kira bisa memutuskan berbagai hal dari rumah. Apalagi dengan gaya baru work from home membutuhkan ruang rumah yang baik dan benar. Itu menjadi landasan kami membuat tema residensial,” katanya.

Ary mengatakan pandemi juga telah mengubah pandangan masyarakat terhadap jasa desain interior. Sebelum pandemi banyak orang yang membangun rumah lebih memperhatikan aspek arsitektural dan mengesampingkan interior.

"Karena budget untuk arsitek terlalu besar, hal itu membuat masyarakat hanya menyisihkan budget yang minim untuk desain interior, jadi itu memberatkan dalam mendesain. Tapi setelah pandemi justru interior semakin dilihat menjadi hal yang juga penting, karena ternyata desain ruangan jadi penentu rumah itu nyaman untuk dihuni," jelasnya.

Sementara itu, anggota ID12 yang juga bertindak sebagai Kepala Bidang Kreatif TCOI Chapter V, Eko Priharseno melihat tema residensial akan semakin berkembang di tahun 2023.

“Ketika epidemi melanda, rumah tinggal merupakan satu-satunya tempat paling aman dan menjadi benteng pertahanan terakhir melawan pandemi. Secara hunian saat ini desain interior khususnya residensial semakin diminati dan meningkat. Saat pandemi melanda justu kita banyak disobukan dengan berbagai project, memang trend residensial semakin menggairahkan," ujar Eko.

Eko menjelaskan pameran tahun ini timnya akan menawarkan desain terbaru pada sebuah residensial dengan memaksimalkan kenyamanan tinggal di sebuah hunian, misalnya sebuah ruangan didesain dengan memiliki dua fungsi yang berbeda.

"Sekarang ada perubahan pola masyarakat dalam desain interior sebuah hunian, sepeti saat ini banyak orang yang rumahnya mau dibuatkan ruangan olahraga, ruangan seperti halaman belakang rumah banyak dijadikan ruang kerja, dapur selain untuk masak juga banyak dijadikan tempat untuk kumpul keluarga. Hal-hal yang sifatnya lebih sehat sekarang sangat diminati," ujarnya.  

Neo klasik

Menurut Ary, pameran yang diadakan dwi tahunan ini tidak memiliki satu tema khusus untuk satu unit atau desain yang ditampilkan. Berdasarkan garis signature, setiap anggota ID12 menyuguhkan desain yang terwujud dalam dua kelompok besar yaitu gaya Neo Klasik dan Modern.

Desainer yang akan menampilkan gaya neo klasik adalah Agam Riadi, Anita Boentarman, Roland Adam, Sammy Hendramianto, Shirley Gouw, dan Vivianne Faye. Sementara desainer interior yang menampilkan gaya modern adalah Ary Juwono, Eko Priharseno, Joke Roos, Prasetio Budhi, Reza Wahyudi, dan Yuni Jie.

Sebagai contoh, Ary mengatakan dia membawa patung bergaya modern yang didesain sendiri untuk menjadi bagian dalam desain interior yang dibuat di pameran. Kemudian, pameran ini juga memberikan gambaran kepada para pengunjung mengenai tata cara dunia kerja bidang interior.

"Kita akan memberikan gambaran bahwa designer lokal ini bisa manta ruangan dengan standar atau selera internasional. Kita juga infin menggaungkan bahwa produk dari luar dari dalam negeri bisa dicombain menjadi suatu desain yang bagus," ujarnya.

Sedangkan Desainer Roland Adam menyuguhkan sebuah sebuah hunian bergaya Neo klasik Prancis yang kental akan ornamen klasik lewat sebuah korden berkonsep teater sebagai sekar antarruangan. Sedangkan dominasi warna yang cukup kalem dan pencahayaan yang minim serta furniture kekinian membuatnya terlihat lebih modern.

Pameran desain interiori TCOI Chapter V ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Para pengunjung harus lakukan scan barcode dengan aplikasi PeduliLindungi untuk memasuki ruang pameran. (M-4)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Upacara di Tengah Lumpur dan Adu Skill Keputrian

👤Intan Nuri Mardiyani - PPM Muhammadiyah At-Tajdid Cepu 🕔Rabu 28 September 2022, 17:00 WIB
Salah satu kegiatan untuk meramaikan peringatan Hari Kemerdekaan di PPM Muhammadiyah At-Tajdid Cepui alah kompetisi Miss...
Dok. Panji/SMAM Al-Kautsar Pk Kartasura

Sepeda Tidak Akan Mati

👤Panji Tsaqib Al Azzam - SMA Muhammadiyah Al-Kautsar PK Kartasura 🕔Rabu 28 September 2022, 13:00 WIB
Bersepeda termasuk kegiatan yang tidak lekang popularitasnya. Bahkan, di masa pandemi covid-19, sepeda menjadi salah satu olahraga yang...
Unsplash.com/Rani George

Tips Mencegah Minyak Meletup dan Berceceran saat Menggoreng

👤Nike Amelia Sari 🕔Rabu 28 September 2022, 12:00 WIB
Saat Anda ingin menggoreng apa pun di atas kompor, cobalah untuk memanaskan wajan dan minyak secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya