Selasa 10 Mei 2022, 15:26 WIB

Instagram Uji Coba Fitur NFT

Putri Rosmalia | Weekend
Instagram Uji Coba Fitur NFT

AFP/Lionel Bonaventure
Logo Instagram

 

Para kreator karya seni digital tak lama lagi bisa memasarkan karyanya untuk dijual dengan menggunakan non-fungible token (NFT) melalui Instagram. Pekan ini, Instagram tengah melakukan uji coba untuk menghadirkan fitur NFT di aplikasinya. 

Dilansir dari theverge.com, Selasa, (10/5), Kepala Instagram, Adam Mosseri mengatakan selama sepekan ini uji coba tersebut akan mereka lakukan dengan melibatkan sekelompok kecil kreator karya seni digital di AS. Setelah selesai uji coba nantinya direncanakan fitur tersebut akan segera dapat digunakan oleh seluruh pengguna Instagram global.

“Nantinya seluruh fitur untuk NFT di Instagram akan dapat digunakan secara gratis,: ujar Mosseri.

Para kreator akan dapat menampilkan karya digitalnya melalui unggahan feed, stories, dan pesan di Instagram. Informasi terkait karya yang dipublikasikan akan dihadirkan melalui tautan khusus yang dapat dibuka oleh pengguna Instagram lainnya. Beberapa informasi yang akan ditampilkan ialah nama karya, nama kreator, hingga harga, dan penjelasan lainnya terkait jual beli karya menggunakan aset kripto.

Mosseri mengatakan, sistem blockchain merupakan hal yang tak dapat dihindari. Khususnya oleh perusahaan yang berbasis teknologi digital seperti Instagram dan Facebook. Meski begitu, karena merupakan perusahaan media sosial dengan massa yang besar, diperlukan kajian, uji coba, dan evaluasi yang mendetail sebelum fitur berlandaskan sistem desetralisasi tersebut dirilis untuk publik.

“NFT dan sistem blockchai mengusung konsep desentralisasi, sementara aplikasi seperti Instagram sistemnya sangat terpusat. Jadi itu yang paling membuat persiapannya tidak mudah,” ujar Mosseri. 

Mosseri berharap dengan dukungan Instagram pada NFT jangkauan para kreator dan kolektor karya seni digital dapat lebih luas dan tak terbatas. Dengan begitu dampak positif ekonomi dari kehadiran Instagram juga dapat terus meningkat bagi penggunanya. (TheVerge.com)

Baca Juga

Dok. MI

Ziarah Perjalanan Putri sang Proklamator

👤Margaretha M.Siahaan/M-2 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 07:20 WIB
Buku yang dirilis bersamaan dengan usianya yang genap tiga perempat abad tersebut penuh dengan ragam kisah kehidupan Meutia. Deskriptif,...
Dok. Penerbit Kanisius

Renungan dari Sebuah Jalan

👤Palce Amalp 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 07:15 WIB
Pater Amans mengatakan tidak ingin buku ini dilihat sebagai memoar, album kenangan, atau monumen, tetapi dibaca sebagai keajaiban nasib...
Dok GoSend

GoSend Rilis Buku Kiat UMKM jadi Best Seller di Era Digital

👤Irana 🕔Kamis 26 Mei 2022, 12:56 WIB
Dalam penulisan buku ini, pihaknya melibatkan sejumlah pakar bisnis dan UMKM yaitu Rhenald Kasali, Yudo Anggoro, Yuswohady, Wulan Ayodya,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya