Rabu 01 Desember 2021, 06:00 WIB

Mengemas Nostalgia dalam Balutan Retro Batik

Putri Rosmalia | Weekend
Mengemas Nostalgia dalam Balutan Retro Batik

dok. Bateeq
para model memeragakan busana koleksi Bateeq bergaya retro

 

Batik memang tak pernah membosankan ketika divariasikan menjadi ragam model pakaian. Termasuk ketika divariasikan menjadi busana bergaya retro.

Koleksi batik dengan gaya retro tersebut baru saja diluncurkan dalam koleksi terbaru jenama Bateeq. Bertepatan dengan momen Jakarta Fashion Week 2022, Sabtu (27/11), Bateeq meluncurkan koleksi kedua dari tema Nostalgia. Koleksi sebelumnya telah diluncurkan pada Agustus 2021.

Koleksi kedua dari tema besar Nostalgia kali ini diberi nama Danadyaksa. Dalam Bahasa Sansekerta, Danadyaksa disebut sebagai penjaga kejayaan. Terdapat 16 busana yang termasuk dalam koleksi Danadyaksa. Terdiri dari sepuluh busana untuk wanita dan enam busana untuk laki-laki.

Sesuai dengan tema besarnya, Nostalgia, pada koleksi kali ini Bateeq menghadirkan busana dengan nuansa retro. Sementara itu, motif batik yang dihadirkan ialah Kawung.

Kawung yang memiliki makna kekuatan dipilih karena paling sesuai dengan nama koleksinya Danadyaksa. Motif Kawung dalam koleksi ini tidak seperti Kawung pada umumnya, karena didistorsikan menjadi lebih panjang dari bentuk biasanya.

Nuansa retro di antaranya tampil dalam busana yang bergaya sartorial atau potongan klasik. Selain itu juga dapat terlihat sentuhan preppy atau gaya formal tetapi tetap stylish.

Tekstur batik Kawung pada kain Jacquard dihadirkan dalam dua warna, biru tua dan krem. Daya tarik utama dalam keseluruhan koleksi ini ada pada detail layer dan kerah yang dapat difungsikan menjadi pita atau scarf dengan siluet yang loose.

Selain batik, koleksi ini juga menggunakan bahan lurik yang dibuat oleh para perajin lansia asal Klaten. Dalam koleksi Danadyaksa, lurik yang dihadirkan bernuansa navy dan cokelat.elain Sebagai penambah variasi, juga digunakan bahan katun rayon.

Bagi pecinta batik, koleksi baru Bateeq dapat menjadi pilihan busana batik yang lebih variatif dan segar. Modelnya yang bernuansa retro tetap dapat digunakan untuk berbagai suasana, baik formal maupun non formal.(M-4)

Baca Juga

Dok. Gangga

Lima Musisi Muda dengan Lagu Paling Populer

👤Fathurrozak 🕔Kamis 20 Januari 2022, 16:45 WIB
Gangga, Nadin Amizah hingga Kaleb J merupakan musisi muda yang lagunya banyak diputar di...
manbodyspirit.com

Ketahui Saat Tepat Menjumpai Psikolog untuk Berkonsultasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 12:00 WIB
CEO dan penggagas HatiPlong Farah Djalal menjelaskan bahwa stigma negatif di masyarakat masih mempengaruhi sebagian besar orang untuk pergi...
Unsplash/ NASA

Untuk Pertama Kalinya, Penelitian Arkeologi Dilakukan di Luar Angkasa

👤Galih Agus Saputra 🕔Kamis 20 Januari 2022, 10:00 WIB
Dalam studi ini, Gorman dan Walsh akan berusaha memahami bagaimana manusia berhubungan dengan benda-benda yang ada di luar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya