Selasa 27 Juli 2021, 22:23 WIB

Dear Para Ibu Menyusui, Begini Cara Menyimpan ASI agar Tak Cepat Rusak

Putri Rosmalia Octaviyani | Weekend
Dear Para Ibu Menyusui, Begini Cara Menyimpan ASI agar Tak Cepat Rusak

MI/M. irfan
Ilustrasi penyimpanan ASI

 

AIR susu ibu (ASI) merupakan asupan utama bayi berusia 0 sampai 6 bulan yang bernutrisi tinggi. Tak jarang untuk memenuhi kebutuhan ASI, ibu pekerja harus memerah ASI dan menyimpannya sebelum diberikan pada bayi.

Berbeda dengan susu UHT atau kemasan lainnya, ASI perah memerlukan perlakuan yang lebih spesial. Mulai dari proses pemerahan dan pengemasan, penyimpanan, hingga pencairan ketika akan diberikan pada bayi.

Agar tak cepat rusak, berikut ini cara menyimpan ASI dengan tepat.

1. Pastikan kebersihan
Pastikan tangan serta wadah dan kemasan dalam keadaan bersih dan steril sebelum mulai memerah dan menempatkan ASI. Kuman dan bakteri dari tangan atau wadah yang terkontaminasi ke ASI dapat membuatnya jadi lebih cepat rusak dan basi.

Baca juga : Kekayaan di Usia Paruh Baya Pengaruhi Risiko Kematian

2. Waktu penyimpanan
ASI memiliki batas waktu ideal untuk disimpan. Lamanya ASI bisa bertahan sangat bergantung pada suhu tempat penyimpanan.

Pada suhu ruangan, ASI yang baru diperah dapat bertahan hingga maksimal 6 jam. Pada tas atau box pendingin ASI bisa bertahan hingga 24 jam.

Bila ditempatkan pada lemari es di bagian bawah dengan suhu sekitar 4 derajat celcius, ASI bisa bertahan hingga 3 hari. Sementara di frrezer, ASI beku bisa bertahan antara 3 sampai 6 bulan.

3. Pencairan
Proses pencairan ASI harus dilakukan dengan alami secara perlahan. Diamkan asi dalam suhu ruangan hingga mencair dengan sendirinya. Jangan langsung merebus atau merendam ASI dengan air panas karena ASI akan menjadi rusak dan kehilangan nutrisi.

(OL-7)

Baca Juga

Dok. ZYNGA

Tiktok Uji Coba Fitur Bermain Gim

👤M-2 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 07:20 WIB
TIKTOK tengah menguji coba fitur terbaru mereka terkait dengan...
AFP/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/JUSTIN SULLIVAN

Perjalanan Dua Dekade Ipod

👤Putri Rosmalia 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 07:15 WIB
Gawai ini menjadi terobosan untuk alat pemutar musik dengan ruang penyimpanan besar serta baterai yang tahan lama pada era...
Charly TRIBALLEAU / AFP

Taiko, Tradisi Gendang Jepang yang masih Bergema di Era Kiwari

👤Adiyanto 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:32 WIB
Kunci dari evolusi itu adalah seorag drummer jazz Daihachi Oguchi, yang memindahkan festival taiko ke panggung pertunjukan pada 1950-an dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya