Minggu 06 Juni 2021, 08:00 WIB

Ini Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Nike Amelia Sari | Weekend
Ini Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

unsplash.com/Dirk Ribbler
Alpukat

Alpukat menjadi makanan yang kian populer dalam beberapa tahun terakhir.  Banyak orang memadukan buah krim dalam smoothie atau mengirisnya menjadi lapisan di atas roti panggang.

Kontributor nutrisi CNN, Lisa Drayer, mengatakan buah hijau ini telah menjadi makanan pokok di dapur di seluruh dunia. Alpukat memberikan berbagai manfaat kesehatan dan merupakan bahan serbaguna saat memasak.

Dia menggunakan buah berlemak tersebut dalam sup, saus, dan bahkan truffle cokelat. Tergantung pada bagaimana memanggangnya, alpukat bisa menjadi pengganti lemak sangat baik yang tidak akan membuat makanan penutup terasa seperti buah tersebut.

Alpukat penuh dengan nutrisi dan dapat menjadi bagian yang bermanfaat dari diet seimbang. Berikut manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir dari cnn.com, Rabu (2/6).

 

1. Sumber potasium

 

Menurut Departemen Pertanian AS satu porsi 100 gram (3,5 ons) alpukat mengandung 485 miligram (0,02 ons) potasium. Sebagai perbandingan, pisang memiliki 358 miligram (0,01 ons) potasium per 100 gram.

 

2. Mengandung lemak tak jenuh tunggal

 

Lemak tak jenuh tunggal adalah molekul lemak dengan satu ikatan karbon tak jenuh. Secara sederhana, ini adalah lemak tak jenuh yang bekerja untuk menurunkan kolesterol LDL atau low-density lipoprotein, dikenal sebagai kolesterol jahat tanpa mempengaruhi kolesterol HDL yang baik.

 

Ketika seseorang memiliki terlalu banyak kolesterol LDL, itu akan mengeras di sepanjang tepi arteri dan mempersempitnya, menurut Mayo Clinic. Ini mengurangi aliran darah melalui arteri, yang dapat menyebabkan pembekuan darah dan komplikasi medis lainnya.

 

3. Tinggi serat

 

Menurut Departemen Pertanian AS Alpukat memiliki hampir 7 gram (0,25 ons) serat per 100 gram (3,5 ons). Makanan dengan lebih banyak serat cenderung membuat kenyang lebih lama daripada makanan rendah serat, kata Mayo Clinic. Ini membuat alpukat menjadi pilihan tepat bagi orang-orang yang memperhatikan berat badan.

 

4. Kaya akan folat

 

Buah berlemak ini kaya akan folat, dengan 81 mikrogram (0,0000028 ons) per 100 gram (3,5 ons). Folat adalah vitamin B yang penting untuk fungsi otak dan kehamilan yang sehat.

 

National Institutes of Health Office of Dietary Supplements merekomendasikan wanita usia subur memiliki 400 mikrogram (0,000014 ons) folat per hari. Wanita hamil harus meningkatkan asupannya hingga 600 mikrogram (0,000021 ons) per hari.

 

Folat dapat membantu untuk mencegah cacat lahir, khususnya yang mempengaruhi otak dan tulang belakang bayi, selama minggu-minggu awal kehamilan, menurut CDC.

 

Seperti makanan tinggi lemak lainnya, alpukat padat kalori, artinya ada banyak kalori per gram. Satu porsi 100 gram (3,5 ons) alpukat memiliki 160 kalori. (M-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Selain Sehat, 10 Jenis Buah dan Sayuran ini dapat Atasi Dehidrasi

👤Nike Amelia Sari 🕔Kamis 24 Juni 2021, 20:00 WIB
Semangka j uga kaya akan likopen yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat paparan  sinar matahari dan memperbaiki sel...
UniPin x Esmod

Inspirasi Mobile Legends dan PUBGM Lahirkan Kolaborasi Fesyen Esmod dan UniPin

👤Irana 🕔Kamis 24 Juni 2021, 19:54 WIB
Karakter-karakter game kini berkembang pesat dan menghadirkan beragam gaya yang unik dan...
Note Thanun/ Unsplash

Pendidikan Seksualitas Disarankan Dimulai di Usia 3 Tahun

👤Nike Amelia Sari 🕔Kamis 24 Juni 2021, 19:00 WIB
Pendidikan seksual juga penting agar anak bisa melindungi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Talenta Muda Curi Perhatian

PIALA Eropa 2020 dipastikan telah menjadi ajang kemunculan pemain-pemain muda yang punya kemampuan mengejutkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya