Selasa 04 Mei 2021, 22:01 WIB

Tiba di Bumi, Empat Astronaut ini Sempat Terombang-Ambing di Laut

Bagus Pradana | Weekend
Tiba di Bumi, Empat Astronaut ini Sempat Terombang-Ambing di Laut

NASA/Bill Ingals
Situasi penjemputan astronaut SpaceX

 

SpaceX berhasil memulangkan empat astronot yang bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) ke Bumi dengan selamat, meskipun sempat terombang-ambing di lautan selama beberapa jam, pada hari Minggu (2/5) lalu.

Pemulangan ini dilakukan dengan menggunakan kapsul Dragon. Para astronaut tiba di Bumi pada dini hari pukul pukul 3 pagi  dan mendarat di lautan Teluk Meksiko City, Florida  AS. 

Misi pemulangan ini sekaligus memungkasi penerbangan astronot kedua untuk perusahaan Elon Musk. Setelah berhasil dievakuasi dari Teluk Meksiko, para astronaut ini akan menjalani pemeriksaan lanjutan di Pusat Antariksa Kennedy NASA.

"Kami menyambut Anda kembali ke planet Bumi dan terima kasih telah menerbangkan SpaceX," ujar pihak NASA melalui sambungan Radio seperti dilansir dari minggu theguardian.com (2/5).

Misi 167 hari yang diemban oleh empat astronot tersebut ternyata merupakan misi luar angkasa terlama yang diluncurkan AS. Rekor sebelumnya adalah 84 hari yang dilakukan oleh awak stasiun Skylab NASA pada 1974.

Misi pemulangan tersebut meninggalkan tujuh orang astronot di stasiun luar angkasa ISS, empat di antaranya baru saja tiba seminggu yang lalu menggunakan SpaceX.

"Earthbound!," demikian tulis astronot Victor Glover, selaku pilot kapsul Dragon dalam cuitan twitter beberapa saat setelah meninggalkan ISS. "Selangkah lebih dekat dengan keluarga dan rumah!”

Empat astronot ini (Victor Glover, Mike Hopkins, Shannon Walker, dan Soichi Noguchi) seharusnya telah kembali ke Bumi pada Rabu (28/4) lalu, tetapi karena cuaca ekstrem yang sempat melanda Florida kala itu memaksa pihak SpaceX untuk mengurungkan niatnya demi keselamat mereka.

Pengalaman pendaratan dini hari ini adalah pengalaman pendaratan kedua yang pernah ditangani NASA setelah sebelumnya Apollo 8 juga sempat melakukan pendaratan dini hari pada 27 Desember 1968 di perairan Pasifik dekat Hawaii.

Meskipun masih dini hari, penjaga pantai dengan sigap segera memberikan pertolongan pertama kepada para astronot yang sempat terombang-ambing Teluk Meksiko ini. (The Guardian/M-2) 

Baca Juga

Dok Adidas

Kanye West dan Adidas Luncurkan YEEZY 500 Ash Grey Mulai 4 Desember

👤Siswantini Suryandari 🕔Jumat 03 Desember 2021, 11:41 WIB
Penghujung 2021, YEEZY meluncurkan YEEZY 500  ash grey. Koleksi ini akan tersedia secara global mulai 4 Desember 2021, dengan harga...
Unsplash.com/Berkay Gumustekin

Belajar Bahagia dari Seekor Anjing

👤Nike Amelia ari 🕔Jumat 03 Desember 2021, 06:49 WIB
Berikut beberapa hal yang dapat dipelajari manusia tentang kebahagiaan dari seekor anjing yang ditulis oleh Caroline...
MI/Galih Agus Saputra

Sejumlah Perupa di Jabodetabek Gelar Pameran Tunggal Serentak

👤Galih Agus Saputra 🕔Jumat 03 Desember 2021, 06:36 WIB
Pameran ini sengaja dirancang untuk menampilkan kepada publik mengenai ketangguhan para seniman di masa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya