Rabu 29 Mei 2019, 02:05 WIB

Berkenalan dengan Anthropocene

Abdillah Marzuqi | Weekend
 Berkenalan dengan Anthropocene

AFP/SAM TAYLOR
Tanpa upaya pengurangan emisi, dua pertiga dari gletser Himalaya, yang dikenal sebagai 'Kutub Ketiga', terancam lenyap pada 2100

 

Anthropocene ialah nama zaman geologis yang sedang diusulkan para pakar di bidang terkait untuk menjadi istilah resmi secara internasional.

Menurut International Union of Geological Sciences (IUGS), saat ini bumi berada di zaman Holocene yang dimulai 11.700 tahun yang lalu, setelah zaman es besar terakhir.

Para ahli berpendapat bahwa perlu adanya perubahan istilah, dari zaman Holocene menjadi Anthropocene. Kata itu berasal dari antropo yang berarti manusia dan cene yang berarti baru.

Para ahli sependapat bahwa zaman Anthropocene telah dimulai, tetapi mereka masih belum final tentang klasifikasi dan asal usul zaman Anthropocene.

Mereka belum mencapai sepakat dengan premis bahwa manusia sebagai penyebab dari perubahan geologi bumi. Yang jelas, bom atom menjadi penanda yang tak terelakkan. Adapun dari pertengahan abad ke-20, terjadi peningkatan besar-besaran pada konsentrasi karbondioksida, metana, ozon stratosfer, dan metana. Perubahan lingkungan juga semakin nyata dengan naiknya suhu permukaan, pengasaman laut, hilangnya hutan tropis, dan pertumbuhan populasi manusia. (DailyMail/M-2)

BACA JUGA: Bumi Resmi Masuki Zaman Baru

Baca Juga

Mi/Fathurrozak

Parade Kebaya Nusantara

👤Fathurrozak 🕔Senin 15 Agustus 2022, 09:22 WIB
Parade Kebaya Nusantara juga turut dimeriahkan pertunjukan kebaya oleh atlet basket putri dari Perbasi, presenter televisi, Srikandi BUMN,...
MI

Sudoku edisi 14 Agustus 2022

👤MI 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 06:10 WIB
SUDOKU atau dikenal juga dengan tebak angka (number...
MI/Tiyok

Jon Bodo: Lomba Agustusan

👤M. Tiyok 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 05:55 WIB
JON...bagi kerupuknya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya